oleh

Soal Penerapan PSBB di Depok, Bogor dan Bekasi, Begini Respon Kemendagri

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Kementerian Dalam Negeri memastikan kesiapan lima daerah di Jawa Barat untuk menjalankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Setelah DKI Jakarta, Lima daerah yang menyusul antara lain Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, serta Kabupaten dan Kota Bekasi. 

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri Safrizal mengatakan, setiap daerah yang mengajukan PSBB harus memenuhi persyaratan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020. 

“Sudah siap, karena setiap daerah yang disetujui, sudah dikaji kesiapannya,” ujar Syafrizal dikutip dari ayobandung.com, pada Minggu (12/4/2020).

Lebih jauh Syafrizal mengungkap, kesiapan yang harus dipenuhi daerah untuk mengajukan PSBB antara lain ketersediaan kebutuhan dan dasar bagi masyarakat, sarana dan prasarana kesehatan, anggaran, operasionalisasi jaringan pengaman sosial dan terakhir aspek keamanan.

“lima daerah tersebut dalam pengajuannya ke Menteri Kesehatan telah melampirkan kesiapan persyaratan tersebut. Namun demikian, meski telah siap, dalam pelaksanaannya akan dibantu pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat,” Bebernya.

Dirinya menambahkan, Nanti pelaksanaannya dibantu provinsi dan Pemerintah pusat. Selanjutnya, Lanjut Syafrizal, Pemerintah daerah di lima daerah tersebut yang akan mengatur teknis pelaksanaan PSBB, termasuk waktu dimulai PSBB hingga berakhir. Namun, Syafrizal mengatakan, daerah harus mengecek kesiapan operasional masing masing. 

“Pelaksanaan PSBB di lima daerah itu tidak akan berbeda jauh dengan PSBB yang sudah diterapkan di DKI Jakarta. Detilnya kurang lebih sama, kecuali khas di daerah tertentu yang tidak ada di DKI Jakarta,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto secara resmi telah menetapkan penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi untuk mencegah penyebaran Covid-19.(Red/AyoBandung)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru