oleh

Seskoau Giat Bertanam Untuk Menunjang Ketahanan Pangan

 

Lembang Bandung, Kicaunews.com – Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang BS Seskoau Ny. Santi Henri Alfiandi beserta seluruh personel Seskoau dan pengurus PIA AG Cabang BS Seskoau mulai menanam singkong dan jagung untuk menunjang ketahanan pangan di lingkungan Seskoau, Lembang. Rabu (6/4/2020).

Dengan memanfaatkan lahan kosong, lanjutnya, tentunya dapat mencari alternatif makanan pokok selain beras atau padi seperti ubi, singkong, jagung, kacang-kacangan, sayur-sayuran ataupun dengan berternak. “Kali ini kita mulai dengan menanam singkong dan jagung sebagai langkah nyata mendukung program pemerintah dan instruksi pimpinan mengenai ketahanan pangan,” ujarnya.

Singkong dan jagung menjadi pilihan untuk ditanam karena memiliki karbohidrat yang tinggi. “Bisa dikatakan kandungan karbohidratnya menyaingi nasi,” katanya, untuk singkong selain umbinya yang dapat dikonsumsi, bagian lainnya dapat dimanfaatkan yaitu daunnya diolah menjadi sayuran. Selain itu, singkong dapat tumbuh dimana saja baik di dataran tinggi atau dataran rendah dan saat musim kemarau maupun musim penghujan. “Singkong dan jagung tumbuh dengan baik asalkan selalu memperhatikan cara merawatnya serta dijaga kebersihannya dari tanaman liar,” katanya.

Ratusan batang singkong dan bibit jagung telah disiapkan Danseskoau dengan memilih bibit yang baik, untuk singkong kisaran usia 5 bulan dan telah terpotong sepanjang 25 cm kemudian dibagikan kepada seluruh personel dan mulai menanam dengan kedalaman 5 cm dengan jarak 80 cm. Selama kegiatan menanam, Danseskoau juga menghimbau seluruh personelnya memanfaatkan lahan yang ada disekitar pekarangan rumahnya, seandainya tidak memiliki pekarangan dapat dilakukan dengan sistem hidroponik. “Setidaknya dengan menanam kita dapat manfaatkannya untuk keluarga sendiri dan jika mampu untuk masyarakat sekitar,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru