oleh

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Tanam 215 Pohon Di Cimeunyan

BANDUNG,KICAUNEWS.COM – Komandan Sektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, bersama pasukannya menanam 215 pohon, di Kp. Tugu Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung, Rabu (8/04/2020).

Menuai hasil komunikasi sosial yang dilakukan Satgas Sektor 22 dengan para penggarap lahan sayuran di Kawasan Bandung Utara (KBU) untuk mengikis lahan kritisnya merupakan perjuangan panjang, mereka asalnya menolak, kini mau menerima setelah ada beberapa permintaan jenis tanaman keras, yaitu buah-buahan.

Dilokasi penanaman, Kp. Tugu Rw. 18 Cimenyan, Dansektor 22 Citarum Harum, menyampaikan, “Saat ini Masyarakat Cimenyan banyak berharap ke sektor 22, untuk menanam pohon keras, dua hari ini kita menanam pohon sebanyak 215 sebagian 65 pohon dari pohon buah yang mereka minta” jelasnya.

Penanaman pohon merupakan pemberian dari Dansektor 22 untuk warga cimenyan ini, sangat dinantikan oleh masyarakat, hal ini sengaja dilakukan supaya masyarakat mau memelihara hasil tanamnya, sehingga KBU bisa hijau kembali.

“Saya berharap warga masyarakat mau merawat pohon yang kami tanam, mulai dari pemupukan dan obat obatannya, setelah besar dan subur bisa menghasilkan silahkan dimanfaatkan buat mereka, utamanya ketika kayunya sudah cukup dipanen, sebelum dipanen ditanam dulu pohon pohon yang baru sebagai penggantinya, makanya saat ini saya menanam dan terus menanam” ucap Dansektor.

Menurut Dansatgas Citarum Harum (Gubernur Jabar, M. Ridwan Kamil) KBU membutuhkan 25 juta pohon tanaman keras, bahkan dievaluasi sampai 50 juta pohon yang dibutuhkan se Jawa Barat, ini akan menuntaskan kritisnya lahan sehingga ekologis tanah akan kembali normal.

Hal yang sama diucapakan oleh Dansektor 22, untuk menormalkan kembali lahan kritis di KBU, maka perlunya inofasi yang sempurna. Kendati demikian merilis benih sebanyak itu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, sehingga Gubernur Jabar menorehkan perhatiannya kepada masyarakat dari seluruh golongan, baik ASN, Pelajar, Mahasiswa, ormas dan LSM maupun komunitas supaya bisa berjibaku untuk bergerak bersama dalam penghijauan KBU.

Baca juga :  Kejuaraan Atletik Pelajar Bulanan Tingkat Provinsi DKI Jakarta 2019 Siswa SD Angkasa 12 Raih Juara 1

Ketua Rw. 18 (Rohendi) merasa senang dengan tindakan Satgas Sektor 22 Citarum Harum, yang selalu siap melayani warganya dalam permintaan jenis tanaman keras, seolah dia memiliki harta baru yaitu dari hasil tanaman buah dan tanaman kayu, inipun diperkuat oleh Anton, sebagai penggarap yang memiliki 1 Ha lahan sayuran, yang ikut ditanami pohon Alpukat.

(***)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru