oleh

Karukunan Tatar Sunda (KTS) Mengajak Untuk Bangun Ketahanan Pangan Keluarga

KICAUNEWS.COM – Himbauan Karukunan Tatar Sunda (KTS) bernomor Surat 001/KTS/IV/2020

Assalamualaikum Wr.Wb
Sampurasuun…

Memperhatikan situasi saat ini, dengan merebaknya Pandemik Virus Covid 19 di Tanah air dan di berbagai negara di belahan dunia dan sama-sama kita ketahui dampak yang dirasakan sangat luar biasa, hampir tidak ada aspek apapun yang tidak terkena dampak dari Covid 19 tersebut.

Pemerintah Indonesia sudah dan sedang melakukan upaya-upaya baik di tingkat pusat maupun daerah dengan memberikan berbagai kebijakan maupun langkah-langkah lainnya.

Karukunan Tatar Sunda sebagai salah satu wadah aspirasi Masyarakat Tatar Sunda tentu memperhatikan dan mengkaji dampak yang akan terjadi baik dalam proses pandemik maupun pasca di kemudian hari. Yang menjadi salah satu fokus adalah dampak Ekonomi Dunia yang dimungkinkan besar akan mengalami krisis Global dan tentu akan berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap masyarakat Indonesia khususnya di Tatar Sunda.

Tanah Sunda sejak zaman dahulu merupakan tanah yang Subur dengan berbagai kekayaan sumber daya alam, masyarakat Sunda sebagai masyarakat agraris dengan berbagai sumber makanan yang berlimpah bahkan hingga saat ini Jawa Barat merupakan salahsatu Lumbung Padi nasional dan alangkah ironisnya jika kemudian terjadi krisis Global tersebut, kita selaku masyarakat Sunda mengalami hal yang sangat memprihatinkan terutama kesulitan untuk memiliki sumber keberlanjutan kehidupan yaitu Makanan.

Hal ini bisa saja di mungkinkan jika kita tidak melakukan langkah antisipatif dari berbagai analisa lapangan serta situasi yang berkembang jika Pandemik ini terus melonjak, maka setidaknya untuk 3-6 bulan kedepan akan terasa dampaknya. Dengan dasar dimungkinkan keterbatasan Stok Pangan Nasional serta kebijakan-kebijakan negara pengimpor Bahan makanan pokok seperti beras maupun lainnya melakukan stok exsport untuk pengamanan di negaranya masing-masing.

Baca juga :  Ceramah Kewirausahaan, Sesmenkop UKM ajak Mahasiswa Baru Asal Papua Untuk Menjadi Wirausaha

Oleh karena hal tersebut melalui jejaring KTS dimanapun, kami menghimbau dan mengajak Masyarakat Tatar Sunda Khususnya untuk melakukan sebuah Gerakan bersama yaitu GERAKAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA sebagai upaya preventif seperti yang pernah dilakukan oleh para leluhur kita sebelumnya. Diantaranya :

1. Tanamlah di lahan kita apapun yang bisa bermanfaat seperti Singkong, jagung, ubi maupun tanaman lainnya yang bisa bermanfaat jangan biarkan sejengkal tanah pun menganggur.
2. Berdayakan Lumbung-lumbung Padi seperti Leuit, Peti dan lainnya untuk stok pangan Keluarga dengan menyisihkan hasil panen.
3. Menganjurkan kepada Pemerintah daerah di Tatar Sunda untuk memberdayakan Lahan tidur atau lahan non produktif untuk di tanam oleh Masyarakat atau lahan-lahan Carik yang biasa ada di pedesaan untuk di kelola bersama masyarakat.
4 Jika Keterbatasan lahan, bisa menggunakan sistem penanaman Hidroponic agar bisa menanam sayur atau buah-buahan yang bisa di manfaatkan langsung
5. Tanamilah di lingkungan Keluarga berbagai jenis tumbuhan herbal alami seperti pohon Kelor, kumis ucing, mamangkokan, daun seureuh, binahong serta jenis tanaman obat lainnya yang bisa dimanfaatkan langsung untuk memperkuat daya tahan tubuh maupun pengobatan secara alami seperti yang biasa dilakukan para leluhur kita.

GERAKAN KETAHANAN PANGAN KELUARGA adalah gerakan yang harus kita sadari bersama dan serta dilakukan secara bersama-sama agar kita semua bisa menyelamatkan keluarga serta turut membantu pemerintah dalam menstabilkan konsumsi pangan nasional.

Demikian anjuran Karukunan Tatar Sunda, Insyaalloh jika kita mau bergerak bersama didasari kesadaran bersama, krisis Global yang di dasari adanya Pandemik Covid 19 ini bisa dapat kita atasi dan hadapi bersama, selain itu mari tingkatkan kebersamaan saling membantu antara yang satu dengan yang lainnya seperti yang menjadi pedoman urang Sunda yaitu SILIH ASAH, SILIH ASIH, SILIH ASUH.

Baca juga :  Pelantikan Petugas KPPS sesuai dengan Tahapan perencanaan Pemilu 2019 di Batuceper

Cag Rampes
Wassalamualaikum Wr.Wb

TTD
Koordinator KTS
Aceng Ahmad Nasir, S Ag.MA
TTD
Ketua Dewan Pembina KTS
Prof.Dr.H.Yuddy Chrisnandi, ME.,SH(*)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru