oleh

Hijaukan KBU, Satgas Citarum Harum Sektor 22 Tanpa Lelah Terus Lakukan Penanaman

CIMEUNYAN,KICAUNEWS.COM – Kritisnya lahan Kawasan Bandung Utara (KBU) hingga menggugah perhatian Satgas Sektor 22 Citarum Harum, untuk mengembalikan ekologis tanahnya seperti sedia kala dengan menanam pohon keras baik jenis tanaman kayu maupun buah-buahan.

Penanaman pohon oleh satgas Sektor 22 Citarum Harum, yang dikomando oleh Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, sudah puluhan ribu ditanam di berbagai perdesaan wilayah KBU, kini masih embrio karena memerlukan perhatian pemeliharaan hasil tanamnya, supaya tidak sia-sia.

Satgas sektor 22 sub 07, tiap hari melakukan penanaman baik di lahan yang baru maupun sebagai tambal sulam pada hasil tanam di beberapa waktu kebelakang, memelihara maupun menggantikan tanaman yang gagal tumbuh.

Sertu Suyanto, ditempat kegiatan penanaman pohon, mengatakan, “Hari ini kami melakukan pemeliharaan tanaman yang ditanam pada awal tahun 2020 di Rw. 13 Kampung Pasir Pongkor Cimenyan, oleh Komandan sektor 22, baik dari pembersihan rumputnya maupun melakukan penyulaman pada tanaman yang gagal tumbuh” jelasnya. Jumat (3/04/2020)

Pemeliharaan hasil tanam merupakan kegiatan yang diprogramkan oleh Dansektor 22, baik pemupukan, pembersihan parasitisma plasma maupun tambal atau penyulaman tanaman yang gagal tumbuh, supaya bisa menghasilkan target yang sesui harapan. “Kalo hanya melakukan penaman saja, tanpa pemeliharaan itu perbuatan yang percuma, kita jangan hanya bisa menanam justru pemeliharaan yang tidak kalah pentingnya dari menanam” ulas Dansektor 22, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik.

Pasir Pongkor merupakan salah satu penghasil komoditi bawang merah di KBU, telah dilakukan penanaman jenis pohon keras berupa Gmelina ardarea (jati pitih) dan Kayu manis juga beberapa tanaman buah (Alpukat dan nangka) sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh para penggarap.

Ditanam secara teknik tumpangsari (Agri kultur) disela tanaman bawang merah, sehingga hal ini tidak mematikan bisnis asli dari para penggarap tetapi akan menambah komoditi dari hasil tanam Dansektor 22 yaitu tanaman buah.

Baca juga :  Ini Kriteria Cawapres Yang Layak, Dampingi Jokowi di Pilpres 2019

(***)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru