oleh

Ditengah Wabah Covid-19, Ketua KASN Keluarkan SE Maksimalkan Tugas KASN

JAKARTA, KICAUNEWS.COM — Adanya Surat Edaran Nomor 34 tahun 2020 tentang Perubahan Atas Surat Edaran  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Nomor 19 Tahun 2020 Tentang penyesuaian sistem kerja Aparatur Sipil Negara Dalam upaya pencegahan COVID-19 dilingkungan Instansi Pemerintah dan sehubungan dengan perkembangan situasi penyebaran COVID-19, Komisi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (KASN RI) sebagai lembaga yang mengawasi Manajemen ASN Indonesia ikut andil dalam mengawasi ASN ditengah musibah COVID-19 akhirnya ikut mengeluarkan Surat Edaran Bagi ASN.

Keluarnya SE KASN tanggal 31 Maret 2020 dimaksudkan Sebagai pedoman bagi Pegawai KASN dalam melakukan tugas kedinasan dengan bekerja dirumah/tempat tinggal (Work From Home) dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran COVID-19.

Tidak hanya itu, Keluarnya SE KASN bagi pegawai dilingkup KASN untuk Mencegah, Meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran serta mengurangi risiko COVID-19 dilingkungan Kantor KASN tanpa mengurangi dalam pelayanan. 

Adanya SE untuk pegawai KASN juga dalam rangka Memastikan pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing unit Kerja dapat berjalan efektif dengan tetap mempertimbangkan target kinerja pada unit kerja dan tetap dilakukan evaluasi kinerja secara terstruktur.

SE KASN bagi pegawainya pun menyebutkan Perpanjangan masa perpanjangan kedinasan dirumah/tempat tinggal (Work From Home) bagi Aparatur Sipil Negara sebagaimana dimaksud Surat Edaran Kemenpan RB Nomor 34 Tahun 2020 yang diperpanjang sampai 21 April 2020 akan dievaluasi lebih lanjut.

Berkaitan dengan itu juga, Sesuai dengan SE Kemenpan RB nomor 36 Tahun 2020 tentang pembatasan Kegiatan berpergian Keluar Daerah/Atau kegiatan mudik bagi ASN dalam upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran COVID-19 terdapat beberapa poin yang harus diikuti, diantaranya: Tidak bepergian ke Iuar daerah dan/atau kegiatan mudik dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah ataupun kegiatan mudik Iainnya selama masa berlakunya status keadaan darurat bencana wabah penyakit akibat COVID 19;, Menjaga jarak aman ketika melakukan komunikasi antar individu;, Membantu meringankan beban masyarakat yang lebih membutuhkan di tempat tinggalnya; dan Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Selain hal hal yang disebutkan di atas pada angka 1, 2 dan 3 maka kebijakan yang sudah diatur dalam Surat Edaran Ketua KASN Nomor 1 Tahun 2020 masih tetap berlaku dan merupakan satu kesatuan dengan Surat Edaran ini sampai ditetapkannya kebijakan baru.

Hal ini dilakukan KASN demi mendukung upaya pemerintah untuk mencegah penularan virus COVID-19. Pelanggaran terhadap hal ini terancam sanksi hukuman disiplin karena tindakan tersebut dapat berdampak buruk kepada unit kerja, instansi, maupun Pemerintahan dan Negara.

Demikian dikatakan Ketua KASN RI Prof. Dr Agus Pramusinto, MDA Kepada Kicaunews saat dikonfirmasi pada selasa malam, 31/3/2020.

Baca juga :  Virus Corona Kembali Menimpa Satu Pejabat lagi, Wakil Walikota Bandung Terkena Positif Corona

Berkaitan dengan hal tersebut, Agus menambahkan, Komisi Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (KASN RI) akan terus memantau pelaksanaan WFH bagi ASN yang meninggalkan daerah tugas atau mudik yang berpotensi menularkan wabah virus COVID-19 di daerah lain atau kampung halamannya.

“PNS wajib mengutamakan kepentingan Negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Hal ini disebutkan dalam pasal 3 angka 7 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang  Disiplin PNS,” Beber Agus.

Lebih jauh Agus mengutarakan, Dimana PNS sebagai salah satu bagian dari Aparatur Negara mempunyai kode etik dan peraturan disiplin yang harus dipatuhi dan dilaksanakan. 

“Pemerintah telah memberlakukan sistem Kerja Dari Rumah atau Work From Home sejak tanggal 18 Maret 2020 yang mana PNS dapat mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya menggunakan media online dari tempat tinggal. Selain itu pemerintah juga menerapkan Social Distancing Di lingkungan masyarakat demi mencegah penyebaran wabah virus COVID-19,” Tandas Agus.

(AYT)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru