oleh

Antisipasi Penyebaran Virus Covid -19 Ciamis Berlakukan Karantina Terbatas

CIAMIS, Kicaunews.com – Bertempat  di halaman pendopo Bupati Ciamis, Minggu (29/3/2020), Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya menghimbau, serta menegaskn Kepada seluruh warga tatar Galuh kami TIM GTTP COVID-19 Ciamis. Kami telah bersepakat memutuskan untuk Kabupaten ciamis melaksanakan Karantina Lokal Terbatas.

Herdiyat Sunarya menyampaikan Karena dalam 3 hari ini begitu luar biasa melonjak ODP terutama perantau mudik ke Ciamis dari zona merah tercatat dalam 3 hari 4.200 orang yang masuk zona merah ke Ciamis.

“Kepada Seluruh warga Ciamis tetap tinggal di rumah dengan pola hidup sehat dan bersih dan mengedepankan kesiapan menghadapi Covid-19,”imbuhnya

Dr. H. Herdiat Sunarya, Bagi para pendatang diharapkan tatkala tidak terlalu penting mudik apabila sayang keluarga dan orangtua lebih baik tinggal di daerah menetap tidak ke Ciamis, hal ini agar menghindari kemungkinan terbawanya virus di Ciamis dalam perjalan atau yang dibawa dari daerahnya.

“Sekitar 4200 tercatat dari pemantauan yang mudik masuk ke wilayah ciamis  diharapkan tidak terus bertambah kami akan melaksanakan pengetatan di daerah perbatasan yang masuk ke ciamis,”tegasnya.

Dalam pengetatan di daerah perbatasan melibatkan dari tim TNI, POLRI, ASN disertaI petugas medis akan melaksanakan sweeping di daerah perbatasan, bupati juga menghimbau Kepada warga ciamis kalau tidak ada kepentingan mendesak lebih baik tinggal di rumah.

Diharapkan kepada seluruh warga masyarakat tidak panikk berlebihan dan tetap tenang selalu berdoa memohon lindungan terhadap Allah SWT tutur bupati.

“Dalam antisipasi penyebar luasan Covid -19 akan di lakukan Karantina Lokal Terbatas , yang  dimulai pada tanggal 31 Maret 2020 – 30 April 2020 kita akan melihat sikon mudah-mudahan dalam sebulan trend corona turun dan akan mencabut kebijakan tersebut dan apabila meningkat akan diperpanjang,”terangnya

Baca juga :  Demi Capai Rencana Strategis BPK, Wakil Ketua Pimpin Pertemuan bilateral 3 Lembaga Di Australia

Mengenai kendaraan, Sistem checkpoint kendaraan tidak akan dipulangkan, untuk yang sekedar lewat dipebolehkan kalau sekedar hanya melintas saja ke kota/kabupaten lain.

Bupati Ciamis Dr H Herdiat Sunarya Untuk warga ciamis yang merantau atau mudik akan dicatat dan diarahkan isolasi mandiri.bagi Yang datang ke ciamis dari luar, otomatis ODP terutama dari wilayah zona merah.

“Dalam penangan terkait virus Covid 19 bagi Rumah Sakit Kawali belum siap untuk pengguanaan penanganan untuk ruang isolasi khusus COVID-19, Adapun Untuk warga miskin, akan dibantu dengan skema APBD dan menghimbau para ASN dan DPRD untuk menshodaqohkan sedikit gajinya untuk saudara-saudara yang membutuhkan terkait adanya virus Covid -19 ,dan Untuk angkutan umum kita akan melaksanaan pemeriksaan dan mengawasi serta melakukan sterilisasi dengan disemprot disinfektan,”jelasnya.

Selain itu pula bupati Ciamis Berharap bagi 4200 warga masyarakat tersebut yang tersebar dari beberapa Kecamatan di Ciamis, Diharapkan pihak swasta dan para agnia dapat membantu saudara kita yang  ODP, kesusahan yang mencari nafkah atau rezeki untuk meringankan beban mereka. Pungkasnya. (Yat/Humas)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru