oleh

Cegah Covid-19 Dan Luapan Air, Ratusan Sampah Di Sungai Cipamokolan Berhasil Di Bersihkan

BANDUNG,KICAUNEWS.COM – Tim Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 10 bersama Baraya melakukan bebersih Sungai Cipamokolan di wilayah Rw 11 Kel. Antapani wetan, kec. Antapani, Kota Bandung. Jum’at (27/3/2020).

Hasilnya, pembersihan sungai sepanjang 150 meter ratusan kilogram sampah berhasil diangkut oleh Tim Satgas Citarum Harum mulai dari Sampah plastik, ranting dan bambu juga ikut diangkut.

Dansub 10 Serda Maman Komarudin mengatakan, aksi pembersihan sungai ini dilakukan lantaran sampah yang tersangkut di sungai Cipamokolan begitu banyak dan menghambat aliran sungai.

“Sampah plastik, ranting dan bambu kalau ditotal kurang lebih 500 kilogram. Itu yang berhasil kami evakuasi. Tapi bukan soal evakuasi, tapi bagaimana masyarakat untuk tidak buang sampah ke sungai”. Katanya.

Aksi ini juga, lanjut Maman, merupakan bentuk antisipasi bencana banjir akibat luapan air yang dilakukan mengingat beberapa hari ini Kota Bandung diguyur hujan.

“Jadi ini adalah salah satu upaya untuk menormalisasikan Sungai serta pencegahan penyebaran Covid-19″. ucapnya.

Serda Maman menuturkan, selain pembersihan sampah, seluruh personil melakukan pemerataan sedimentasi sepanjang 25 meter dengan lebar 3 meter ketebalannya bervariasi mulai dari 50-60 cm.

Setelah pembersihan Sungai Cipamokolan, tim satgas Citarum Harum secara rutin melakukan patroli didaerah aliran sungai untuk menyisir agar tidak ada lagi sampah berserakan dan memastikan aliran sungai terbebas dari sampah dan limbah pabrik.

Maman mengajak, agar warga masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan aliran sungai. Dengan lingkungan bersih, maka potensi sumber penyakit bisa ditekan dan diminimalisir.

“Saya imbau masyarakat yang ada di sekitar untuk ikut mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing dengan cara PHBS, yang tidak lepas dari kebiasaan menjaga kebersihan diri sebelum dan sesudah melakukan aktivitas”. Pungkasnya.

Baca juga :  Di Sidang Senat ke XXVI, ISTA Jakarta Wisuda 181 Mahasiswa

(***)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru