oleh

Penyemprotan Disenfektan ke Rumah – Rumah Warga di Desa Sumberjaya

Kab Bekasi, Kicaunews.com – Wilayah Kecamatan Tambun Selatan terutama di Desa Sumberjaya, Kabupaten Bekasi semalam, Senin (23/3/2020) pukum 20.00 wib mulai melakukan upaya sterilisasi dengan menyemprotkan disenfektan ke rumah – rumah warga di sekitar perumahan.

Hal ini dilakukan sebagai upaya mencegah makin meluasnya penyebaran virus corona lantaran sejak virus ini mewabah di Indonesia sudah ada 3 warga Tambun Selatan yang meninggal dan puluhan warga dengan berbagai diagnosa baik positif maupun masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan(PDP).

Sebanyak kurang lebih 50 an Rukun Warga (RW) di Desa Sumberjaya mendapat bantuan penyemprotan disenfektan yang gagas Pemerintahan Desa Sumberjaya dan Puskesmas Sumberjaya bersama para pengurus RW dan RT setempat.

Salah satu pengurus RT 02 RW 05 Perumahan Tridaya Indah 3, Undang Rudiana mengatakan upaya ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pemerintah mengantisipasi makin meluasnya wabah Covid -19 di Desa Sumberjaya.

“Penyemprotan dilakukan petugas bersama pengurus RT dan RW di Perumahan Tridaya Indah 3 di bagian teras dan pagar rumah warga,” kata Undang.

Sementara warga di Rt 02 mengaku senang dengan adanya penyemprotan di lingkungannya yang membuat warga merasa diperhatikan dan dilindungi pemerintah wilayah mengingat virus corona ini sangat membahayakan keselamatan manusia.

” Kami senang dengan kegiatan penyemprotan ini dan warga pun menerimanya tanpa ada penolakan karena mereka sadar akan bahayanya virus corona ini,” ungkap Budi Darwanto salah satu warga.

Langkah pemerintah Desa Sumberjaya pun kata Budi harus diimbangi dengan kepedulian warga untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungannya agar virus corona tidak menghinggapi warga terutama di Perumahan Tridaya Indah 3.

” Hindari berkerumun dan keluar rumah yang tidak penting sekali dan minimal gunakan masker atau penutup hidung lainnya,” ujarnya.

Baca juga :  Kanit Binmas Sosialisasi Maklumat Kapolri Nomor : MAK/3/IX 202 Guna Cegah Covid-19

Langkah penyemprotan disenfektan sudah menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap warganya. Hampir semua desa akan menjalani penyemprotan disenfektan seperti di Kecamatan Tambun Selatan.

Seperti dikatakan dr.Novrizal, Kepala Puskesmas Tambun menuturkan sejak kemaren sudah dilakukan penyemprotan disenfektan bahkan hari ini,Selasa (24/3/2020) sepanjang jalan antara perbatasan Kota Bekasi sampai Kantor Pemadaman Kebakaran (Damkar) di Cibitung akan dilakukan penyemprotan.

Novrizal pun mengharap partisipasi warga untuk ikut membantu pemerintah dalam mencegah meluasnya penyebaran virus corona ini “Jika semua masyarakat tumbuh kepeduliannya dan mau bergerak bersama sama, kita akan mampu melawan Covid -19 ini,” jelasnya.

Meski dikatakannya penyemprotan disenfektan ini dinilai kurang efektif namun setidaknya meredakan kekhawatiran warga. “Penyemprotan desinfektan sebetulnya harus dilakukan rutin dua kali sehari selama masa penularan masih tinggi, kalau cuma sekali tidak akan efektif dan warga diupayakan bisa melakukannya secara mandiri di rumah masing – masing,” terangnya.(Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru