oleh

Ketua DPRD : Masyarakat Tak Perlu Khawatir Rapid Test Kesehatan Massal di Stadion, Terapkan Social Distancing Secara Ketat

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Rencana digelarnya Rapid Tes Kesehatan Massal Covid -19 di Stadion Patriot Candrabaga pekan depan tetap akan dibuat mekanisme yang secure (aman) dengan tetap menerapkan social distancing secara ketat.

Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairoman usai menghadiri rapat bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Walikota Bekasi Rahmat Effendi serta Wakil Walikota Tri Adhianto di Aula Nonon Sontanie Kantor Walikota Bekasi, Minggu (22/3/2020).

Sehingga diharapkan kata Chairoman tidak ada kekhawatiran dari masyarakat terkait resiko yang mungkin terjadi akibat adanya kerumunan warga yang hadir di acara tersebut.

Karena menurut Ketua DPRD dari Fraksi PKS ini, orang yang akan menjalani test diprioritaskan datang dengan berkendaraan mobil atau motor, dengan pola drive thru, tanpa turun dari kendaraannya. “Tidak ada kerumunan, karena peserta rapid test tidak saling kontak fisik, masing – masing tetap di dalam kendaraannya,” jelas Chairoman.

Terlebih tujuan dari rapid test kesehatan ini untuk mengidentifikasikan orang yang memiliki resiko penular dengan Rapid Test dan RT PCR. Dengan prioritas seluruh ODP dan 50 orang terdekat yang berinteraksi langsung dengan ODP dan PDP.

Kemudian petugas kesehatan yang menjadi frontliner perawatan PDP maupun orang Confirmed Covid 19, maupun pejabat publik yang memiliki intensitas tinggi dalam berinteraksi melayani masyarakat, seperti Forkopimda, Anggota DPRD, Camat, Lurah, maupun Alim Ulama atau Pemimpin Agama lainnya, bebernya.

“Rapid Test maupun RT-PCR merupakan tindakan identifikasi yang proaktif, memastikan orang yang beresiko sebagai carrier atau penular langsung ditreatment secara medis, ataupun karantina sesuai keadaan klinisnya,” ujar Chairoman.

Hal ini sangat penting dilakukan dan direncanakan gelombang pertama dengan target 2.000 orang dalam sepekan ke depan, selambatnya di mulai Rabu 25 Maret 2020. “Pekan ini akan menjadi Pekan Rapid Test bagi Kota Bekasi bersama dengan Kab. Bekasi dan Kab. Karawang di GOR Patriot Chandrabaga,” jelasmya

Baca juga :  Kadispenau: Public Relation Itu Penting

Rapid test kesehatan massal covid -19 ini memang diprioritaskan untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) lalu orang – orang di sekitar ODP yang intens berinteraksi dengan ODP maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan diasumsikan 50 orang terdekatnya.

“Kemudian petugas kesehatan dan pejabat/tokoh publik dengan mobilitas dan interaksi yang tinggi dengan masyarakat,” pugkasnya. (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru