oleh

Kekuatan Doa Bisa Menolak Bala dan Wabah Virus Corona

Kab. Bekasi, Kicaunews.com – Isi khotbah pada Sholat Jumat di Masjid Attaqwa KH.Noer Alie Ujungharapan, Bahagia, Babelan, Kabupaten Bekasi yang dibawakan oleh Ustadz Adjie Nung (UAN) yang nama lengkapnya Ustadz Nur Anwar Amin pada Jumat (20/3/2020) yang membahas kekuatan doa yang bisa menolak bala dan wabah virus corona memberikan pencerahan yang sangat menyentuh para jamaah di tengah – tengah keprihatinan masyarakat.

Para pejabat pemerintahan pun mengintruksikan untuk tidak mengumpulkan banyak masa atas bencana Virus Corona yang saat ini dirasakan dunia terutama di Indonesia. Namun Masjid Attaqwa milik Pahlawan Nasional dari Bekasi KH.Noer Alie tetap melaksanakan sholat jumat yang dibanjiri para jamaah untuk bermunajat dan berdoa bersama.

Dipenghujung bulan rajab ini, bulan yang sangat mulia dan dimuliakan Allah sebagai asyhurul hurum, Ustadz Adjie Nung (UAN) mengajak kita untuk meningkatkan taqwa kita kepada Allah karena dengan taqwa segala kesulitan kita akan Allah beri kemudahan.
وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا
“Siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (Q.S.Attholaq : 4)

Sejak Presiden Republik Indonesia mengumumkan secara resmi bahwa negara kita positif terjangkit wabah Virus Corona (COVID-19), yaitu virus yang menyebabkan kematian karena virus ini dapat menyerang pernapasan manusia.

Virus ini juga telah menyebar kepada lebih dari 100 negara di dunia, sehingga WHO pun telah menyatakan virus corona sebagai pandemi global artinya wabah yang dapat menggegerkan dan menjadi perhatian darurat kesehatan internasional.

Sekarang virus corona ini sudah melingkari lingkungan kampung halaman kita, bahkan negara Indonesia sebagai negara terbesar di Asia Tenggara yang terbanyak terjangkit virus corona.

Dahsyatnya virus corona ini sehingga membuat organisasi-organisasi ulama besar dunia seperti Al-Azhar Mesir, Majelis Fatwa Saudi Arabia dan dunia islam lainnya termasuk Majelis Ulama Indonesia (MUI) terdorong bertanggungjawab secara syari’at, bertanggungjawab kepada umat islam di penjuru dunia akan kekhawatiran virus ini yang begitu cepat penyebarannya dan belum ada obat anti virus yang efektif sampai sekarang ini.

“Karena itu kita wajib berikhtiar, berhati-hati dan memelihara diri kita, keluarga kita, lingkungan kita, kampung kita, dan bangsa negara kita secara bersama-sama jangan sampai terjangkit wabah virus yang mematikan ini,” ajak Ustadz Adjie Nung dihadapan para jamaah Jumat.

Baca juga :  PBHI: Pernyataan Ketua KPK dan Wiranto Melanggar Undang-Undang

Ustadz Nung pun mengingatkan kepada masyarakat agar mulai saat ini jangan dianggap remeh bahaya virus corona. Awali kehidupan sehari-hari dengan pola hidup yang bersih, pola hidup yang sehat, makan dan minum yang baik lagi halal.

Karena Allah telah mengajarkan kita dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 168.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُواْ مِمَّا فِي الأَرْضِ حَلاَلاً طَيِّباً وَلاَ تَتَّبِعُواْ خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ
Artinya:
Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”

Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ
(رواه التيرمدى)
Artinya:
“Sesungguhnya Allah SWT Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu.” (HR. at-Tirmidzi)

اَلْاِسْلَامُ نَطِـيْفٌ فَتَـنَطَفُوْا فَاِنَـهُ لايَدْخُلُ الْجَنَـةَ اِلانَطِيْفٌ (رواه البيهقى)
Artinya:
“Islam itu adalah bersih, maka jadilah kalian orang yang bersih. Sesungguhnya tidak masuk surga kecuali orang-orang yang bersih.” (HR. Baihaqy).

“Entah berapa lama lagi virus ini melanda negara kita, mungkinkah hari jum’at ini sebagai sholat jum’at terakhir kita, sudah ratusan bahkan ribuan rakyat Indonesia sudah terpapar virus corona bahkan para dokter, tenaga kesehatan dan staf-staf  rumah sakit sebagai garda terdepan sudah ada yang positif terjangkit dan sudah ada yang meninggal dunia disebabkan karena virus ini,” uangkapnya.

Keganasan Covid -19 ini membuat rumah sakit sudah banyak dipenuhi pasien Covid -19, Perkantoran dan sarana pendidikan diliburkan, bahkan pelaksanaan ibadah umrah ke tanah sucipun ditutup entah kapan dibuka kembali, begitu juga nasib 221.000 calon jama’ah haji Indonesia tahun ini belum ada kepastian, patut menjadi perhatian serius umat muslim.

“Virus corona bagaikan satu noda titik yang mengotori baju putih bersih, kemudian kita bersihkan noda itu, efeknya bukan hanya membasahi bagian yang terkena noda saja, tetapi seluruh baju itupun ikut merasakan basah,” tuturnya.

Baca juga :  Ada yang lain pada Hut RI ke-74, Muhammad Reza Center Fasilitasi Hapus Tatto

Allah berfirman :
وَٱتَّقُوا۟ فِتْنَةً لَّا تُصِيبَنَّ ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مِنكُمْ خَآصَّةً ۖ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ
Artinya:
Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. Dan ketahuilah bahwa Allah amat keras siksaan-Nya. (Q.S. Al-Anfal :25

Untuk itu Ustadz Adjie Nung mengajak kita untuk meningkatkan pendekatan diri kita kepada Allah SWT. Kita tanamkan iman kita bahwa Allah SWT lah yang menurunkan penyakit maka kita yakin Dia pula yang mengangkat penyakit ini. Rosululloh SAW Bersabda :

مَا أَنْزَلَ اللهُ دَاءً إِلَّا أَنْزَلَ لَهُ شِفَاءً
“Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Namun begitu disaat dunia panik menghadapi situasi yang menakutkan dan mencekam saat ini sebagai umat muslim yang beriman banyak hal yang harus kita lakukan supaya Allah SWT selalu melindungi diri kita, keluarga kita dan lingkungan kita dari segala macam marabahaya dan penyakit. Diantaranya adalah dengan kekuatan Do’a.

Karena kata Ustadz Nung, Doa adalah senjatanya orang beriman, doa adalah obat yang paling bermanfaat, doa pula yang akan menolak wabah/bala, membereskan, dan menahannya agar tidak terjadi serta mengangkat atau meringankan bila wabah/bala itu benar-benar telah terjadi di sekeliling kita.

“Dengan doa akan mengundang ridho Allah dan menghilangkan murka Allah, justru dalam kondisi saat ini perbanyaklah berdoa, jika kita tidak mau berdoa maka Allah akan sangat marah dan murka seperti sabda Rosul SAW,” bebernya.

مَنْ لَمْ يَسْأَلٍ اللَّه يَغْضَبْ عَلَيْهِ-الترمذي
“Barangsiapa tidak mau memohon kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya” (HR. Attirmidzi)

Allah tidak akan membiarkan hambaNya dengan tangan yang hampa, bila Allah mengetahui bahwa hambanya benar-benar berdoa dan menghadap kepadaNya.

إِنَّ رَبَّكُمْ تَبَارَكَ وَتَعَالَى حَيِىٌّ كَرِيمٌ يَسْتَحْيِى مِنْ عَبْدِهِ إِذَا رَفَعَ يَدَيْهِ إِلَيْهِ أَنْ يَرُدَّهُمَا صِفْرًا
“Sungguh Allah itu Maha Hidup lagi maha pemurah, Allah itu malu bila ada seorang hamba yang mengangkat kedua tangannya lalu Allah membalasnya dengan tangan yang kosong” (HR.Abu Daud)

Baca juga :  Pesan KH. Sulaiman Almukhsi, Jadilah Santri Berkualitas dan Tetap Teguh Berakhlakul Kharimah

” Insya Allah apa yang Allah sudah taqdirkan dengan negara kita dan kampung halaman kita, akan bisa berubah salah satunya hanya melalui dengan kekuatan doa,” jelas Ustadz Nung.

Nabi SAW bersabda :
لا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلا الدُّعَاءُ
“Tidak ada yang bisa menolak qodho Allah kecuali dengan Doa”

Imam Asy-Syaukani berkata : takdir dan qodho itu akan terwujud apabila hambaNya tidak mau berdoa, namun bila ia berdoa, Allahpun akan mencegahnya.

Kondisi Indonesia semakin hari semakin bertambah jumlah korban yang positip virus corona tiap hari dan korban yang meninggal dunia, mari kita angkat kedua tangan kita dengan, kita berdoa bersama, khusyu’kan hati fikiran kita, hanya Allah satu-satunya tempat kita meminta pertolongan, firman Allah :
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ
Berdoalah kepada Ku pasti akan aku kabulkan segala permintaanmu” (Q.S.Al-Mu’min ayat : 60)

“Yakinlah tidak ada doa yang tidak dijawab oleh Allah selama kita selalu berdoa dan memohon pertolongaNya,” tutupnya. (Sofie)

*QUNUT NAZILAH*
اللهم اهدنا فيمن هديت وعا فنا فيمن عا فيت وتولنا فيمن توليت وبارك لنا فيما اعطيت وقنا برحمتك شرما قضيت فانك تقضي ولايقضي عليك وانه لا يذل من واليت ولا يعز من عاديت
اللهم ادفع عنا البلاء والوباء والفحشاء والمنكروالمحن والفتن ماظهر منها وما بطن من بلدنا هذا خاصة اندونيسيا ومن بلدان المسلمين عامة
ربنا لا تجعلنا فتنة للقوم الظالمين ونجنا برحمتك من القوم الكافرين
ربنا اكشف عنا العذاب انامؤمنون
اللهم انا نعوذبك من جهد البلاء ودرك الشفاء وسوء القضاء وشماته الاعداء
اللهم اجعل لنا من كل ضيف مخرجا ومن كل هم مخرجا ومن كل بلاء عافية يارب العالمين
ربنا ظلمنا انفسناوان لم تغفرلنا وترحمنا لنكونن من الخسرين
ربنا اتنا في الدنيا حسنه وفي الاخرة حسنه وقنا عذاب النار
صلي الله على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
والحمد لله رب العالمين

Untuk lebih jelasnya isi khotbah Ustadz Adjie Nung bisa disimak di chanell Yuotube

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru