oleh

Antisipasi Virus Corona, Plt Dirjenpas Adakan Rapat di Lapas I Tangerang

KOTA TANGERANG,KICAUNEWS.COM – Terkait antisipasi penyebaran virus Corona yang saat ini menghantui dunia serta dikabarkan telah masuk ke negri ini, Dirjenpas Kemenkum HAM RI menggelar rapat seputar peningkatan kewaspadaan penanggulangan epidemik Covid 19 atau yang akrab disebut virus Corona.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Plt Dirjenpas Kemenkum HAM RI, Nugroho ini nampak dihadiri seluruh jajaran Kalapas serta para pejabat struktural kantor kemenkum HAM Banten di LP Kelas I Tangerang, Provinsi Banten, Sabtu (14/03/2020).

Kepala LPKA I Tangerang, Esty Wahyuningsih yang turut dalam rapat mengatakan, kegiatan sarana dan prasarana Lapas kelas I Tangerang terutama dapur, akan di jadikan sentra makanan siap saji UPT se-Tangerang.

Selain itu, Ia juga mengungkapkan, hasil diskusi yang dilakukan telah menghasilkan beberapa langkah diantaranya akan melakukan penyuluhan (sosialisasi) pada petugas, masyarakat, pengunjung, dan WBP.

Menghimbau kepada masyarakat, pengunjung yang setelah melakukan bebepergian ke luar negri untuk sementara waktu, tidak melakukan kunjungan ke Lapas, Rutan, LPKA. Penyediaan alat thermal scanners. Membuat wastafel di area publik.

Penempatan handsanitilezer di area pelayanan publik. Termasuk pembersihan secara rutin terhadap peralatan sarana umum, seperti handle pintu, saklar lampu, bel, keyboard komputer, mikrophone, dan peralatan lainnya yang sering di gunakan.

Pemasangan Banner informasi tentang penanganaan Covid 19, etika batuk, cara cuci tangan yang di anjurkan WHO. Langkah-langkah kewaspaan tersebut, sambung Esty, juga di terapkan terhadap tamu yang berkunjung.

Menurut Esty, dalam kondisi tertentu, tidak memberi ijin kepada calon pengunjung yang di temukan gejala demam(suhu badan di atas 37,8 derajat), batuk dan pilek, termasuk pemberian masker apabila di temukan gejala batuk pilek pada petugas, wbp.

“Dalam hal terdapat tahanan yang di kirim instansi terkait (kepolisian, kejaksaan) dugaan suspect Covid 19, maka di sarankan kepada Instansi terkait untuk di kirim ke rumah rujukan,” katanya.

Baca juga :  Lakukan Pengamanan, Polres Sukabumi Kota Siagakan Ratusan Personil di Kantor Disdik

Lebih jauh, ia menjelaskan, dalam hal penanggulangan epedemik Covid 19 di LPKA kelas I Tangerang pihaknya telah mengadakan sosialisasi kepada anak binaan pemasyarakatan, petugas dan Dharma wanita.

“Selain itu, LPKA kelas I Tangerang menyediakan Wastafel di ruang area publik seperti ruang pendaftaran, ruang kunjungan, ruang makan,” tukasnya, seusai mengikuti rapat bersama Plt Dirjenpas tersebut.

MC/Trs

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru