oleh

Tinjau Fasilitas Pencegahan Virus Corona di Bandara Soetta, Ini Pesan Presiden Jokowi

TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko widodo (Jokowi) meninjau fasilitas perlengkapan serta penanganan pencegahan virus Corona di area kedatangan penumpang terminal III  Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Jum’at (13/02/2020).

Di sela kegiatan, Presiden Jokowi mengatakan kehadiran pihaknya untuk memastikan Thermal Scanner dan Thermo Gun telah terpasang dengan baik di terminal kedatangan dan kepergian luar negeri tersebut.

Selain itu, mantan Walikota Solo ini juga menjelaskan bahwa proses cek in di terminal kedatangan internasional ini telah diberlakukan dengan sangat ketat, diantaranya dengan mengisi kartu kesehatan.

“Keseluruhan penanganan pandemic terus menjadi perhatian kita. Namun, kita menfilter informasi agar tidak menimbulkan keresahan. Langkah-langkah serius telah kita ambil,” paparnya.

Lebih jauh, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, pemerintah telah melakukan pelacakan dengan memanfaatkan stakeholder tergabung dalam tim cepat diantaranya sinergitas terkait penjemputan WNI di Natuna, kepulauan Sebaru.

“Tiga hari yang lalu kita telah membahas perbatasan di Batam. Kita nanti akan menyampaikan kepada WHO terkait apa yang telah kita lakukan,” terang Jokowi didampingi Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, Mentri BUMN, Eric Thohir, Mendagri Tito Karnavian.

Serta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz, Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

Selain itu, orang nomor satu di Republik Indonesia ini juga mengungkapkan, pemerintah telah melakukan pengawasan terhadap pasien suspect dan telah menyiapkan Rumah Sakit rujukan bagi pasien yang terindikasi suspec virus corona.

“Termasuk menjaga pintu negara seperti Bandara, Pelabuhan. Tim reaksi cepat sudah dibentuk dipimpin oleh Kepala BNPB. Rumah sakit rujukan ada 132 Rumah sakit termasuk pembangunan observasi di pulau Galang. WNI yang sudah sembuh sebanyak 5 (lima) orang,” terangnya.

Baca juga :  Pesan Alm.Habib Munzir Al Musawa di Malam Malam Terakhir Bulan Ramadhan

Di akhir penyampaianya, Presiden Joko Widodo mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Indonesia untuk bersama-sama menjaga imunitas tubuh melalui makanan yang sehat, olahraga serta berharap jangan sampai stres.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk ikut mendukung penyelesaian permasalahan penyebaran virus Corona,” pungkasnya dalam kegiatan yang juga dihadir oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo tersebut.

Nampak hadir di lokasi, Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti, Ass Ops Panglima TNI Mayjen TNI Aritonang, Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiono, Kapuskes TNI Mayjen TNI Bambang Dwi Hasto, Kabinda Banten Brigjen TNI Hendi Hendra, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana, Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Argo Yuwono.

Hadir juga, M. Awaludin, (Presdir PT. Angkasapura II). Agus Haryadi, (EGM PT. Angkasapura II). dr. Anas Maruf, (Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Soekarno Hatta). Ghodam, (Kepala Imigrasi Wil 1 Bandara Soekarno Hatta). Finari Manan, (Kepala KPU C Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta). Herson, (Ka Otban Wil 1 Bandara Soekarno Hatta).

Irfan Saputra (Direktur Utama Garuda Indonesia). Kolonel Inf Tri Budi Utomo. (Danrem 052 Wijayakrama). Kolonel Arm Bagus Tri Wibowo, (Ass Intel Kasdam Jaya). Kolonel Inf Wisnu Kurniawan, (Dandim 0506 Tangerang). Kombes Pol Adi Ferdian Saputra  (Kapolres Kota Bandara Soekarno Hatta). Mayor Arm Bambang Heryanto, (Danramil 02 Batu ceper).

Mc/trs

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru