oleh

Pusat Fasker Kemendagri Selenggarakan Rakor Kerja Sama Teknik dan Sister City/Province

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pusat Fasilitasi Kerja Sama (Fasker) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kerja Sama Teknik dan Kerja Sama Sister City/Sister Province pada Rabu hingga Jum’at, 11 s.d. 13 Maret 2020 di Hotel Novotel Jakarta, Mangga Dua Square Jl. Gunung Sahari Raya No.1, Pademangan, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, mewakili Sekretaris Jenderal, Kepala Pusat Fasker Dr. Nelson Simanjuntak, SH, M.Si  berharap, pemerintah daerah dapat memanfaatkan peluang-peluang kerja sama yang ada melalui kerja sama di bidang pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertukaran budaya, dan promosi potensi daerah. “Serta peningkatan kemampuan teknis dan manajemen pemerintahan,” ujar Nelson.

Untuk itu, melalui rapat koordinasi tersebut, Nelson berharap terjadi peningkatan kapasitas aparatur pengelola kerja sama di lingkungan pemerintah daerah serta Kementerian Dalam Negeri terkait mekanisme dan pemanfaatan kerja sama dengan luar negeri dalam perspektif Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah.

Tidak hanya itu, Nelson mengharapkan Rakor tersebut dapat  menjadi sebuah wadah untuk saling berbagi pengalaman mengenai keberhasilan, hambatan-hambatan dan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaan kerja sama teknik luar negeri dan kerja sama sister city/province. “Serta untuk menyusun langkah-langkah tindak lanjut yang diperlukan, baik untuk kepentingan replikasi program, maupun keberlanjutan program ke depannya,” kata Nelson.

Rakor tersebut dihadiri sebanyak 89 orang peserta yang terdiri dari beberapa Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi dan Sekda Kabupaten/Kota serta pejabat perencana/pengelola kerja sama luar negeri di lingkungan pemerintah daerah. Adapun Narasumber yang dihadirkan berasal dari berbagai institusi, di antaranya: Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristek-Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN): Nada Marsudi, M.Phil,. Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Kementerian Perdagangan: Dra.Tuti Prahastuti, M.Si,. Program Manager JICA Indonesia Office: Juni Melani,. Director of Democratic Resilience and Governance USAID Indonesia: Walter L. Doetsch,. Praktisi di bidang Global Health Security dan International Health Regulation: Dicky Budiman, M.Sc.PH

(Red/Puspen Kemendagri)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru