oleh

Unit Patroli Kemitraan (PATRA) Satuan Brimob Polda Metro Jaya Gelar Safety Riding

TANGERANG, KICAUNEWS.COM – Unit Patroli Kemitraan (PATRA) Satuan Brimob Polda Metro Jaya bersama Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menyelenggarakan pelatihan safety riding (keselamatan berkendaraan) yang diikuti personel Patra Satbrimobda Polda Metro Jaya yang dilaksanakan di Lapangan
Icon MX Track Jl.BSD Raya Utama Situ Gadung Kec.Pagedangan Tangerang, Rabu ( 11/03/2020 ).

Usai dibuka Wakil Komandan Satuan (Wadansat) Brimob Polda Metro Jaya Akbp Bhakti Suhendarwan, dilanjutkan pemberian materi safety riding dan safety driving oleh pimpinan JDDC Jusri Pulubuhu.

Akbp Bhakti mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan peningkatan kemampuan Polri pada umumnya, yang terkait dengan safety riding dan pengetahuannya. “Mereka ini adalah pasukan pemotor kita yang diambil dari pasukan-pasukan kita di setiap batalyon dikumpulkan saat perespon pertama di setiap kejadian,” terangnya.

Pihaknya sengaja meminta orang yang profesional untuk melatih supaya ilmunya anggota berstandar Internasional saat berkendara motor dalam upaya penegakan hukum.

“Kita berharap keilmuan ini berkelanjutan nantinya bisa ditularkan juga buat para kesatuan yang lain. Dan simplenya, anggota saya ini dapat mengemudi motor dengan hebat dan selamat,” katanya.

Sementara Instruktur dari JDDC Jusri Pulubuhu menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan dasar dalam mengoperasikan motor secara kompeten.

“Pada dasarnya mereka ini sudah terampil, kalau ngga tidak mungkin dikasih motor dan SIM. Permasalahannya apa mereka kompeten atau terampil karena biasa.

Karena mobilitas Brimob yang begitu tinggi diatas motor, maka inisiatif dari pimpinannya, para anggota ini diberikan pelatihan berbasis kompeten yang memakai motor sebagai alat mobilitasnya, misalnya saat kejadian, mereka harus sampai ke puncak gedung.

Dua hari ini anggota Brimob Polda Metrojaya diberikan materi riding postur, lintasan, dan kecepatan. “Tiga faktor yang dilekatkan ini agar bagaimana mengendarai motor dengan lintasan yang benar, melebar dan posisi duduk yang benar dinamis dan hergonomis (kedepan, kebelakang, ke kiri, tidak kaku, dan lain-lain).

Baca juga :  Terapkan Lingkungan Bersih, SDN 4 Sukajadi Terapkan Ini.... 

Dirinya juga menjabarkan bahwa motor adalah sebuah kendaraan yang tidak mengenal kata stabil ketika bergerak. “Oleh karena itu motor harus bisa menjaga lintasan itu sendiri, selebar mungkin, selurus mungkin mengikuti gerakan.

Saat ini, walau dengan menggunakan kendaraan motor yang rata-rata pabrikannya sudah berumur 8 tahun.

“Dengan kondisi keadaan keterbatasan kendaraan yang ada, harapannya program ini meningkatkan kemampuan dengan berbagai lintasan yang ada. Bukan menjadikan mereka pembalap tapi paham pengoperasian kendaraan yang benar,” imbuhnya.

Hadir di dalam Pelatihan Safety Riding Dansubden Bantis Polda Metro Jaya Kompol Eko, Kasubaglat Sat Brimobda Polda Metro Jaya Kompol Puji Raharjo, kanit Patra Iptu Suharso dan Wadan Subden Bantis Den Gegana Polda Metro Jaya Iptu Paidi.

Tris

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru