oleh

Pasis Seskoau Dan Sesau Kuliah Kerja Di Provinsi Sumatera Utara

Sumut, Kicaunews.com – Sebanyak 88 Perwira siswa (Pasis) Seskoau Angkatan Ke-57 dan Sesau Angkatan Ke-13 melaksanakan kuliah kerja di Provinsi Sumatera Utara didampingi Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi dan pejabat Seskoau.

Kedatangan rombongan ini langsung disambut Gubernur Sumatera Utara Letjen (Purn) Edy Rahmayadi di Pendopo Rumah Dinas Gubernur, Jalan Sudirman, Medan, Selasa (10/3/2020)

“Terima kasih atas kesediaan Bapak Gubernur beserta Forkopimda menerima dan memfasilitasi kegiatan kami selama di Provinsi Sumatera Utara ini,” ujar Danseskoau sambil tersenyum seraya menyampaikan kuliah kerja dilaksanakan sebagai materi pendidikan guna menyelesaikan program pendidikan. Karena April mendatang, lanjutnya, para Pasis akan mengadakan seminar nasional bertemakan “Sinergitas Pengamanan Wilayah Perbatasan Dihadapkan Dengan Perkembangan Teknologi” sehingga memerlukan data-data pembuatan naskah seminar dengan mengunjungi instansi-instasi yang berkaitan dengan tema tersebut.

Hal tersebut langsung dijawab Letjen (Purn) Edy Rahmayadi yang mengatakan kawasan perbatasan nusantara menjadi titik penting bagi bangsa Indonesia, terutama TNI untuk menjaga kedaulatan negara karena wilayah laut Indonesia menjadi pertemuan tiga Negara yaitu Malaysia, Singapura dan Indonesia yang berfungsi sebagai jalur perdagangan. Dapat dikatakan, lanjutnya, sebagai jalur perdagangan internasional maka Indonesia sangat rentan terjadi permasalahan, seperti kemungkinan adanya upaya klaim pihak asing hingga penyelundupan barang terlarang. “TNI Polri adalah segalanya bagi keamanan dan pertahanan bangsa Indonesia, berbuat nyatalah untuk Indonesia dalam menjaga persatuan kesatuan NKRI,” jelasnya.

Mengenai pengamanan perbatasan, Pangkosekhanudnas III Marsma TNI Djohn Amarul, S.AB., menjelaskan tugas dan fungsi Kosekhanudnas III sebagai komando pelaksana operasional Kohanudnas yang berkedudukan di bawah Pangkohanudnas dengan tugas menyelenggarakan serta mengendalikan operasi pertahanan udara di wilayah Kosekhanudnas III sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah pertahanan udara nasional untuk mendukung tugas Kohanudnas. Dalam mengamankan wilayah udara, Kosekhanudnas III memiliki empat satuan radar (Satrad) yaitu  Satrad 231 Lhokseumawe, Satrad 232 Dumai, Satrad 233 Sabang dan Satrad 234 Sibolga. Selanjutnya Danlantamal I Belawan Laksma TNI Abdul Rasyid Kacong memaparkan peran dan tugas Lantamal I Belawan yaitu melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan guna menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur TNI Angkatan Laut, menyelenggarakan patroli keamanan laut dan memberdayakan wilayah pertahanan laut di wilayah kerjanya.

Baca juga :  Ketum Baja Perindo Himbau dan Pesan Para Caleg Harus Terus Berjuang Menangkan Pileg 2019 Untuk Masyarakat

Selanjutnya Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) juga mengambil peran penting dalam pengamanan perbatasan, sehingga Ibu Oza Olivia selaku Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara mengangkat tema “Peran Bea Cukai Dalam Sinergitas Pengamana Wilayah Perbatasan Dengan Teknologi Informasi” dan bermoto “Bea Cukai Makin Baik Mengawasi dan Melayani”, maka DJBC berupaya melakukan pengawasan atas lalu lintas barang keluar atau masuk daerah pabean Indonesia dan mengoptimalkan penerimaan Negara melalui bea masuk, bea keluar pajak dalam rangka import, cukai dan PPH hasil tembakau tentunya dengan teknologi informasi sebagai penunjang pengawasan dalam hal ini berupa pusat komando dan pengendalian patroli laut bea cukai dan CEISA (Customs-Excuse Information System and Automation).

Sebelum acara berakhir diadakan pertukaran cinderamata dari Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi kepada Gubernur Sumatera Utara Letjen (Purn) Edy Rahmayadi dan sebaliknya yang disaksikan Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., Danwing III Paskhas Kolonel Pas Novla Mirsyah, Dandim 0201/ BS Kolonel Inf Roy Hansen Sinaga, para pejabat Seskoau, Kosekhanudnas III, Forkopimda serta Lantamal I Belawan.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru