oleh

Atasi Sampah Organik, Losseda Di Cileuleuy Subang Di Perbanyak

SUBANG,KICAUNEWS.COM – BERBAGAI upaya untuk mengatasi sampah terus dilakukan warga masyarakat. Salah satunya yang dilakukan oleh Rw. 05 Cileuleuy Desa Gunung Tua, Kec. Cijambe, Kabupaten Subang.

Warga di sana dalam mengatasi sampah membuat sebuah inovasi bernama Losseda atau “Lodong Sampah Sesa Dapur” yang berarti pipa sisa dapur. Pipa menjadi wadah menampung sampah organik yang berada di setiap rumah. Nantinya, sampah tersebut diolah menjadi pupuk dan sebagainya sedangkan yang Anorganik mereka pilah menjadi yang bernilai ekonomis.

Ketua Rw.05 Cileuleuy Usep Sudrajat mengatakan, Loseda sudah ditempatkan di 30 titik. Dengan penempatan itu, masyarakat agar memanfaatkannya dengan baik, sehingga sampah bisa selesai dari sumbernya.

“Ini inovasi baru. Kami baru menempatkan di 30 titik. Rencananya satu rumah satu Losseda. Ke depannya kami menginginkan warga bisa menaruh di setiap rumah punya satu sampah basah yang bisa teratasi”. tutur Usep

Losseda Diwalayahnya kini menjadi perhatian banyak orang, salahsatunya dari Ketua Pokja Restuna Alam Mandiri Eka Surya Nur Alam, SE yang merupakan pelaksana Program Go Green yang berkomitmen dalam Konservasi Lingkungan.

Saat ditemui, Eka Surya Nur Alam, SE., menyampaikan, “Kami Sangat mengapresiasi sekali dengan adanya Pengaplikasian  Losseda (Lodong Sampah Sesa Dapur) yang dilaksanakan diwilayah Cileuleuy, Desa Gunungtua, Kec. Cijambe Kab. Subang”. Katanya.

Lanjutnya,”karena selain hal tersebut berawal dari inisiatif masyarakat juga dapat bermanfaat bagi Lingkungan. Mengurangi Sampah berakibat baik juga bagi pola hidup sehat di lingkungan masyarakat “. Ujar Eka.

Selain itu, menurut Eka, dengan adanya Losseda, Sampah organik akan berubah menjadi Pupuk yang dapat dimanfaatkan untuk penyemaian bibit tanaman, sejalan dengan upaya penghijauan yang sedang dikampanyekan dari mulai tingkat nasional sampai tingkat Desa.

Baca juga :  Bupati Cilacap Pastikan Menjelang Natal Dan Tahun Baru Harga-Harga Di Pasar Tradisional Cenderung Stabil 

Ia pun berharap, upaya positif dari masyarakat seperti ini dapat di respon juga secara positif oleh pemerintah Dan oleh berbagai pihak, karena ini merupakan bukti kongkrit dari partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan.

“Semoga manfaatnya dapat di rasakan oleh semua, sehingga tidak berhenti di tingkat RW namun dapat semakin luas cakupannya. Dan dapat menjadi acuan program untuk tingkat yg lebih tinggi”. Harapnya.

“Dan Pokja Restuna Alam Mandiri akan berkomitmen untuk mendukung kegiatan Losseda Di masyarakat untuk pendampingan program”. Pungkas Eka Kepada Wartawan.

(***)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru