oleh

SOSIALISASI PEMBINAAN POTENSI DIRGANTARA WASEV SPOTDIRGA DI LANUD SIM

Aceh Besar, KICAUNEWS.COM-Bertempat di ruang Crew Room Lanud Sultan Iskandar Muda Paban IV Komsosdirga Spotdirga Kolonel Pnb Tahyodi, S.Ap., dan Pabandyagarkomsos Paban IV Komsosdirga Spotdirga Letkol Sus Abdullah melaksanakan Sosialisasi Tugas dan Fungsi Spotdirga dalam rangka program kerja Tahun 2020 tentang Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Udara di Lanud Sultan Iskandar Muda yang diikuti oleh seluruh personel Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kipan C Yonko 469 Paskhas. Rabu (4/4/).

Suatu penghargaan yang tinggi disampaikan Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., Lanud SIM kembali dikunjungi pejabat dari Spotdirga yang akan melaksanakan Sosialisasi mengenai Tugas dan Fungsi Spotdirga kepada segenap warga Lanud Sultan Iskandar Muda dan Kipan C Yonko 469 Paskhas. Kegiatan ini sanggat bermanfaat bagi kami guna menambah wawasan tentang pembinaan potensi kedirgantaraan, khususnya pembinaan ketahanan wilayah Udara di Aceh,” jelasnya.

Lanjutnya sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, sistem pertahanan NKRI bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, sumber daya alam serta sarana prasarana nasional. Pembinaannya dilaksanakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan daya tangkal negara dan bangsa yang diselenggarakan oleh pemerintah serta dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan Negara. “Dalam hal ini, TNI Angkatan Udara selaku komponen utama yang memperkuat pertahanan negara di wilayah dirgantara, bertugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta,” terangnya.

“Kondisi tersebut mengharuskan TNI Angkatan Udara selaku komponen utama harus terus memperkuat pertahanan negara di wilayah dirgantara, bertugas melaksanakan pemberdayaan dan pembinaan wilayah pertahanan udara secara dini,” terangnya. Lebih lanjut disampaikan melalui sosialisasi bersamaan dengan pengawasan dan evaluasi ini, diharapkan tim dari Spotdirga mampu memberikan penjelasan secara detail mengenai pola tindak dan pola pikir kepada personel Lanud Sultan Iskandar Muda maupun Kipan C Yonko 469 Paskhas yang juga turut berpartisipasi aktif di bidang pembinaan ketahanan wilayah dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negera Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga :  Antisipasi Kenaikan Tarif Bus, HMB Jakarta Minta Pemerintah Segera Gelar Rapat Koordinasi

Pada kesempatan ini, Paban IV Komsosdirga Spotdirga Kolonel Pnb Tahyodi, S.Ap., membacakan sambutan Aspotdirga Kasau Marsda TNI Hari Budianto dalam sambutanya menjelaskan sebagaimana kita ketahui bersama bahwah Staf Potensi Dirgantara Kasau merupakan sebuah organisasi baru eselon pembantu pimpinan di tingkat Mabesau. Berkedudukan langsung dibawah Kasau, bertugas membantu dalam menyelengarakan fungsi staf umum TNI Angkatan Udara dibidang potensi dirgantara yang meliputi perencanaan program dan anggaran pembinaan kemampuan dirgantara, pembinaan ketahanan wilayah dirgantara, pembinaan komunikasi sosial dirgantara, pembinaan bakti TNI AU dan pembinaan wilayah perbatasan udara dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan Negara.

“Pesonel TNI Angkatan Udara sebagai komponen dari kekuatan Angkatan Udara disamping harus menguasai penugasan dibidang profesi juga diharapkan memiliki kemampuan teritorial, aspek dirgantara, sehingga satuan pelaksana TNI Angkatan Udara dapat memanfaatkan potensi dirgantara yang ada di wilayahnya masing-masing, guna terwujudnya kesamaan, persepsi, pola pikir, pola sikap, dan pola tindak,” jelasnya.

Dalam manajemen pembinaan potensi dirgantara, agar dapat berjalan dengan maksimal. “Perlu dilakukan sosialisasi pengawasan dan evaluasi pembinaan potensi dirgantara sebagai bahan untuk merencanakan, mengkaji, merumuskan dan menyusun kebijakan yang berkaitan dengan penyiapan potensi dirgantara, baik secara perorangan maupun satuan di bidang adminitrasi, personel, materil, sarana prasarana, serta mengawasi dan mengendalikan evaluasi pelaksanaannya,” harap Aspotdirga.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru