oleh

Dinsos dan Kecamatan Pinang Lakukan Sosialisasi Vervali DTKS Berbasis Aplikasi

KICAUNEWS.COM, KOTA TANGERANG – Dinas Sosial Kota Tangerang bersama Kecamatan Pinang melakukan sosialisasi hasil vertikasi dan validasi hasil data terpadu kesejahtraan sosial (Verivali DTKS) tahun 2019 dan rencana pelaksanaan 2020 berbasis aplikasi.

Berlangsung di Aula Kecamatan Pinang, sosialisasi Verivali DTKS tersebut bertujuan untuk mengetahui data kelayakan penerima bantuan sosial.

Sekretaris Camat Pinang, Tihadi mengatakan, bahwa data tersebut harus valid dan tidak boleh asal, agar Dinsos Kota Tangerang dapat mengetahui secara pasti data warga miskin.

“Janga asal, data itu harus valid. Mumoung ada dari Dinsos, data warga miskin harus diketahui secara pasti,” tegas Tihadi saat membuka kegiatan sosialisasi Verivali, Rabu (5/3/2020).

Sementara, Kasi Pemberdayaan Keluarga Fakir Miskin (PKFM) Dinsos Kota Tangerang, Rosiani menjelaskan, bahwa pendataan di wilayah oleh pekerja sosisal masyarakat (PSM) ditiap Kelurahan. Selanjutnya, data itu diusulkan ke Kementerian Sosial RI.

“Untuk pendataan tahun ini tidak menggunakan formulir, melainkan memakai aplikasi yang sistemnya langsung ke Kementerian Sosial RI. Nanti sekitar bulan April kami akan adakan bimbingan teknis untuk pendataan ini,” kata Rosiani.

Di tempat yang sama, Ketua Tenaga Kesejahteraan Sosisal Kecamatan (TKSK) Pinang, Mumu Rohimu menegaskan, bahwa petugas pendata hanya mengusulkan, sementara keputusab akhirnya ada pada Kementerian Sosial.

Mumu menambahkan, di Kecamatan Pinang, tahun 2019 ada sekitar 2600 penerima bantuan pangan non tunai (BPNT). Kini di tahun 2020 ada penurunan menjadi 2200 penerima.

“Untuk Verivali ini tenaga PSM di Kecamatan Pinang telah siap mengikuti perkembangan teknologi yakni pendataan menggunakan aplikasi,” ujar pria yang kerap disapa Jaro Mumu.

Lebih dalam Mumu mengatakan, jumlah tenaga PSM di tiap kelurahan se-Kecamatan Pinang ada tujuh orang. Sekecamatan Pinang ada 11 kelurahan.

Baca juga :  Personel Polsek Batujajar Sosialisasikan 3M Di Wilayah Binaan

“Jadi jumlah PSM se-Kecamatan Pinang totalnya ada 77 orang. Nantinya mereka akan melakukan Verivali ditiap wilayah kelurahan,” tandas Mumu. (aput)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru