oleh

Bantu Korban Banjir Dinkes Kota Bekasi Siapkan 12 Posko , Siagakan 42 Puskesmas dan RSUD Buka 24 Jam

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Banjir yang melanda Kota Bekasi sejak kemarin, Selasa (25/2/2020) membuat sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Pemerintah Kota Bekasi pun telah menyiapkan 12 Posko Kesehatan yang tersebar di beberapa wilayah dan 42 Puskesmas serta RSUD Kota Bekasi untuk buka 24 jam.

Posko kesehatan yang dibuka oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi bertujuan untuk membantu korban banjir yang sakit selama mereka kebanjiran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan, posko kesehatan itu dibuka di kantor 12 Kecamatan dengan menyiagakan satu dokter dan beberapa tenaga kesehatan.

“Mereka akan membantu kesehatan para korban banjir dengan memberikan penanganan sementara,” katanya Selasa, (25/2/2020).

Selain membuka posko, kata dia, pemerintah juga menyiagakan 42 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk membantu jika ada korban banjir yang mengalami kritis.”Posko dan Puskesmas standbye selama 24 jam untuk membantu kesehatan korban banjir,” ujarnya.

Menurut dia, posko kesehatan terjadwal di beberapa titik banjir dan lokasi pengungsian, masjid-masjid di dekat titik banjir, dan 41 kantor layanan publik di Kota Bekasi.”Posko ini akan terus melayani kesehatan masyarakat Bekasi, hingga Banjir sudah tidak ada wilayahnya,” ucapnya.

Tanti mengimbau masyarakat untuk mewaspadai penyakit yang timbul akibat banjir seperti Inspeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), penyakit kulit, nyeri otot (myalgia) dan sakit kepala (chepalgia).”Kami sudah siapkan obat – obatan untuk mengantisipasi penyakit yang biasa timbul dalam musibah banjir,” tegasnya. (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru