oleh

Tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pagedangan Longsor

Indramayu, Kicaunews.com – Tanggul Sungai Cimanuk di Desa Pagedangan kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu Jawa Barat longsor, Rabu (26/02/2020).

Tanggul yang longsor sepanjang sekitar 25 meter dengan kedalaman 50 cm tepatnya di jalan Cimanuk no 220 Depan Masjid Pagedangan itu berakibat sebanyak 2 bangunan dibongkar di takutkan akan ada longsor susulan.

Hal ini di pertegas oleh koramil 1606 bangodua Pelda Supradol bahwa longsor ini terjadi karena curah hujan berturut turut selama dua hari jadi mengakibatkan pergeseran tanggul kali cimanuk dan kami bersama 13 angota Koramil dan Polsek bersama anggotanya dan Satpol PP 13 angota yang di pimpin oleh mp Darto s.ip.

“Dan saksi mata kejadian masyarakat desa pegedangan nurdin terjadinya longsor pada malam hari sewaktu hujan lebat,” tuturnya

Ketika dikonfirmasi media Kicaunews.com dengan Kuwu (Kepala Desa) Pagedangan kecamatan Tukdana Kabupaten Indramayu, Kadinah membenarkan bahwa tanggul Sungai Cimanuk longsor dan amblas, kami meminta kepada Pihak terkait supaya cepat ada tindakan karena sudah menggerus dibibir jalan desa.

“Karena jalan ini jalan ramai banyak pengguna jalan seperti lewatnya mobil dan motor untuk ke Kantor ke sekolah ke sawah dan jalan aktipitas kegiatan pertanian semuanya lewat jalan ini dan sudah memakan setengah jalan,”jelasnya.

Menurut Kadinah, tanah tanggul longsor karena tergerus air dan hujan karena paku alamnya pun belum ada, Ia menambahkan, pihak Balai Besar Wilayah Sungai BBWS harus monitor untuk selanjutnya segera ditindak lanjuti secepat mungkin.

Sementara itu, menurut Darto, SIP Mantri Polisi (MP) Kecamatan Tukdana terjadinya longsor atau tanah tanggul amblas itu diduga karena bagian bawah tanggul tergerus oleh putaran arus air ditambah hujan deras sehingga longsor dan amblas.

Baca juga :  Xiaomi Sejatinya Gratiskan Ponsel ke Pembeli

“Bersama Koramil 1606 Bangodua/Tukdana beserta Satpol PP Pihak kepolisian langsung turun ke lokasi membantu perangkat desa untuk membikin patok pagar bambu (krucuk),”pungkasnya (Kajen)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru