oleh

Karyawan TPOP PPA Balongan Atasi Tumpukan Sampah Disaluran

Indramayu, Kicaunews.com – Rutinitas karyawan TPOP PPA Balongan Dinas PUPR Indramayu atasi tumpukan sampah di sepanjang saluran utama irigasi sekunder Darung, dengan melakukan kegiatan ekstra gropyokan normalisasi saluran, di wilayah Kecamatan Sliyeg dan Balongan, karena terdapat adanya tumpukan sampah disaluran yang mengakibatkan banjir sungai sehingga luapan menggenangi Jalan, Selasa (26/02/2020)

Selain menormalisasikan saluran air juga membersihkan sampah, tumbuhan liar dan eceng gondok dengan menerjunkan beberapa karyawan TPOP PPA menggunakan alat seadanya, kini saluran yang tersumbat karena sampah telah normal kembali.

UPTD Cabang Jatibarang Dinas PUPR Indramayu, Makdurah Ruyadisiswayono, S.IP menjelaskan pihaknya mengembalikan fungsi saluran air sungai, sehingga tidak terjadi genangan air seperti saat ini apalagi di musim hujan. Tidak dapat dipungkiri permasalahan yang ada di saluran disungai, karena terdapat tumbuhan liar enceng gondok dan sampah.

“Maka dari itu mari kita, budayakan jangan buang sampah di saluran, kalau tidak mau bajir” ucapnya.

Ditambahkan Pengamat Balongan Suherman. A, sepanjang kilometer sampah di sungai Darung sudah dikerjakan. Baik Tumpukan sampah maupun tumbuhan liar dan eceng gondok, selanjutnya tumpukan sampah dibuang keluar dengan menggunakan armada truk.

”Kami menghimbau ke pada seluruh masyarakat di sekitarnya jangan sampai membuang sampah di saluran, pada intinya sayangilah saluran. Karena saluran air, banyak sekali fungsinya terutama untuk lahan pertanian,” ungkapnya

Di lokasi saluran giat gropyokan, salah satu karyawan Tenaga Pembantu Operasi dan Pemeliharaan (TPOP) Duntoro dalam obrolan di sela-sela kegiatan bersama rekan-rekannya yang sedang mengerjakan angkat sampah. Kami selalu semangat, menjalankan rutinitas normalisasi saluran, karena ini salah satu amanah dalam kerjanya. (Kyt)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru