oleh

Pemdes Raharja Bangun Trek Atletik dan Rehabilitasi Lapang Sepakbola Desa

Banjar, Kicaunews.com – Pembangunan trek altletik dan rehabilitasi lapang sepak bola Desa Raharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar merupakan  salah satu kegiatan yang menjadi prioritas pembangunan desa di tahun anggaran 2019.

Alokasi anggaran untuk membangun trek altletik dengan empat lintasan dan rehabilitasi  lapang sepakbola Raharja ini yang masuk dalam bidang pembinaan masyarakat desa dengan kegiatan pembangunan/rehabilitasi/peningkatan sarana dan prasarana olahraga milik desa volume satu paket dengan nilai pekerjaan adalah sebesar Rp. 309.232.000,-.Membangun sarana olahraga adalah salah satu dari empat program wajib Dana Desa. Tiga program lainya adalah menemukan produk unggulan desa, mendirikan bumdesa dan embung. Dari keempatnya,sarana olahraga adalah yang paling jarang dibahas dan menjadi prioritas.

Menurut Tukimin, S.ip Selaku Kasie Kesmas menjelaskan bahwa sangat penting sekali adanya sarana dan prasarana olahraga di desa. Ia mengatakan juga jargon “Mengolahraga masyarakat dan memasyarakatkan olahraga” yang pernah populer itu perlu untuk dihidupkan kembali.

“Dengan adanya Dana Desa sarana dan prasarana olahraga bisa dibangun dengan memadai dan bisa terintegrasi dengan jenis-jenis cabang olahraga lainnya seperti lapang sepakbola Raharja ini,”ujarnya saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (24/02/2020)

Dengan berolahraga  akan membuat badan sehat.Hidup sehat adalah hak semua orang,maka olahraga sebagai salahsatu  kegiatan yang menyehatkan hak dilakukan semua orang dan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup.

“Persoalanya di jaman sekarang ini terkadang kita kesulitan mencari tempat untuk berolahraga dan olahraga di masyarakat masih dianggap menjadi kegiatan yang mahal apalagi dengan sarana dan prasarana yang memadai selain itu juga olahraga merupakan kegiatan yang jarang dilakukan dan sering terlupakan karena kesibukan dalam mencari penghidupan ekonominya,”jelasnya

Disitulah pentingnya peran pemerintah hadir untuk memfasiltasi adanya sarana untuk berolahraga agar masyarakat dengan mudah,murah aman dan nyaman bisa untuk berolahraga.

Baca juga :  DPC FORSA Indramayu Kumpulkan Donasi Peduli Bencana Alam Palu Donggala

“Terkait dengan dibangunnya trek atletik di lapang sepakbola Raharja sebagai wujud nyata pemerintah Desa Raharja dalam menggali potensi dan mencetak prestasi keolahragaan di daerah serta kepedulian pemerintah Desa Raharja terhadap pembinaan olahraga di desa khususnya olahraga atletik yang telah berhasil mencetak atlit berprestasi baik itu di porprov dan menjadi juara gala desa tingkat Kota Banjar,”terangnya

Sementara itu di tempat terpisah Yayat Ruhiyat selaku Kepala Desa Raharja ketika ditemui di ruang kerjanya mengungkapkan berkenaan dengan dibangunnya trek atletik di lapang sepakbola Raharja berharap mampu mencetak olahraga yang berprestasi.

“Olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana,berjenjang dan berkelanjutan khususnya olahraga atletik yang untuk mampu mencetak kembali atlit-atlit yang berprestasi baik itu di ajang gala desa tingkat Kota Banjar maupun porprop bahkan sampai event nasional,”ungkap Kades

Di akhir pembicaraan Kepala Desa Raharja menambahkan Pembinaan atlit seyogyanya  dapat menjadi program strategis di daerah.Sebab, tidak akan muncul atlit berprestasi  tanpa adanya partisipasi, sedangkan partisipasi hanya bisa dimulai dengan adanya pembinaan sejak dini.

Jika prestasi olahraga kita ingin panjang maka pemerintah harus hadir dan proaktif dalam menggali potensi dan mencetak prestasi di daerah dengan memperhatikan pembinaan olahraganya”semangat inilah yang ingin dibangun pemerintah Desa Raharja pada warganya untuk lebih bersinergi dalam menggali potensi dan mencetak prestasi keolahragaan di daerah,”pungkasnya. (MA)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru