oleh

LSM Siap Kawal Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kendal

Kendal, Kicaunews.com – Para Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kendal akan melakukan pengawalan 199 (Seratus sembilah puluh sembilan) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kendal.

Hal ini sebagaimana yang diungkapkan Koalisi LSM Kendal, Maksum yang menyatakan kesiapannya untuk mengawal Pilkades Kendal,” Kita selaku LSM siap mengawal Pilkades, dan kemarin Kamipun sudah Audiansi dengan pihak Panitia Pilkades Kendal,” ungkapnya.

Sementara itu Rekan LSM Kendal lainnya, Khumaedi memang pemantauan Pilkades perlu dilakukan, karena dilapangan Saya pernah menemukan tebaran uang yang dibagi ke Masyarakat.

“Para Balon Kades itu ditemukan telah menyebar yang, didaerah Plantungan itu capai Rp 100 ribuan, tapi apakah ini termasuk Money Politik. Makanya Kita harus kawal dan Saya siap menjadi Mediator,” imbuhnya.

Selanjutnya Ketua Gibas Kendal, Baron menyatakan kehati-hatiannya untuk menyebut Pemberian uang di Pilkades dikategorikan Money Politik.

“Saya berharap perlu dikaji dulu apakah hal tersebut termasuk politik uang, mereka Khan menerimanya saat ada silaturahmi untuk ganti transport,” terangnya .

Ditempat yang sama Pihak Kesbangpol Kendal, Puji menjelaskan bahwa dari Ratusan Desa yang akan menggelar Pilkades di Kendal telah melaksanakan beberapa tahapan.

“Ada sebanyak  707 Balon Kades yang saat ini sudah terdaftar dan tentunya perlu Kita pantau bersama. Semua yang disampaikan teman-teman akan menjadi perhatian pihak pemerintah Kendal,” tuturnya.

Kemudian Puji juga berharap pada pertemuan mendatang agar bisa komunikasi dengan Aparat Penegak Hukum,”Besok kita hadirkan dari Polres maupun Kejaksaan untuk dibahas bersama agar lebih jelas,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui Pilkades di Kabupaten Kendal akan dilaksanakan secara serentak di 130 Desa dengan 707 Bakal Calon Kades se Kendal. Dan pada 13 Maret 2020 mendatang akan dilakukan pengambilan nomor urut untuk coblosan, namun suasana jelang Pilkades ini sudah mulai memanas, termasuk persaingan antar Rival pun tak terelakan dimulai dari Penggalangan masa, pemasangan alat sosialisasi juga isu tebaran dana agar Masyarakat mendukungnya. (lendra)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru