oleh

Kemendagri Dorong Pemda Kembangkan KEK

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Administrasi Kewilayahan mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) mengembangkan dan mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 

Hal itu dibahas dalam Rapat Pembahasan Kebijakan Pemerintah Daerah Dalam Mendukung Pengembangan di Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kemendagri, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Direktur Kawasan, Perkotaan dan Batas Negara (Waskoban) Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi memberikan pembahasan terkait hasil riset terhadap kebijakan Pemerintah Daerah dalam mendorong pengembangan KEK.

“Saat ini KEK sebagai instrumen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Daerah perlu dilakukan penguatan kebijakan Pemerintah Daerah yang difokuskan agar dapat berkontribusi terhadap daya tarik investasi di dalam KEK,” kata Thomas.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka mempercepat pencapaian pembangunan ekonomi nasional, diperlukan peningkatan penanaman modal melalui penyiapan kawasan yang memiliki keunggulan ekonomi dan geostrategis. Kawasan tersebut dipersiapkan untuk memaksimalkan kegiatan industri, ekspor, impor dan kegiatan ekonomi lain yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

“Direktorat Jenderal Bina Adminstrasi Kewilayahan Kemendagri sebagai Pembina Pemerintahan Daerah dan Anggota Dewan Nasional KEK memfasilitasi dan melakukan sinkronisasi dalam menghasilkan kebijakan Pemerintah Daerah dalam mendorong pengembangan KEK,” ujarnya.

Pengembangan KEK bertujuan untuk mempercepat perkembangan daerah dan sebagai model terobosan pengembangan kawasan untuk pertumbuhan ekonomi, antara lain industri, pariwisata dan perdagangan sehingga dapat meningkatkan lapangan pekerjaan. Untuk itu dibutuhkan kerjasama Pemda untuk mendorong pengembangan KEK untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor – sektor strategis ekonomi domestik.

(Red/Puspen Kemendagri)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru