oleh

Kegiatan Bernuansa Islami, Warnai Hari Libur di Yayasan Fajar Qolbi

TANGSEL,KICAUNEWS.COM – Kegitan seputar pendidikan bernuansa Islami nampak mewarnai hari libur anak-anak yatim piatu asuhan Yayasan Fajar Qolbi (YFQ) yang menimba ilmu di salah satu pondok pesantren (ponpes) Hafiz Al Qur’an.

Hari libur yang di isi dengan berbagai kegiatan dari pagi hingga malam ini berlangsung di YFQ yang berada di RT 005, RW 001, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Pimpinan YFQ, Iswandi mengatakan, pada setiap hari libur akhir pekan anak asuh yang menimba ilmu di ponpes senantiasa berkunjung ke yayasan yang ia pimpin untuk bersilaturahmi serta evaluasi hasil belajar.

“Rangkaian kegiatan anak-anak YFQ diawali dengan sarapan pagi, shalat Dhuha berlanjut membaca surat Al Waqiah serta menghafal Al qu’ran dan setoran hafalan sampai jam 12 siang lanjut shalat Dzuhur serta makan siang,” katanya ke wartawan, Minggu (16/2/2020).

Menurut pria yang berdinas sebagai Babinsa di Koramil 04 Ciledug – Kodim 0506 Tangerang ini, anak asuh YFQ yang telah mampu menghapal Al Qur’an terdiri dari berbagai tingkatan Juz serta berjumlah belasan anak.

“Ada 11 anak asuh yang dititipkan di ponpes Hafiz Al quran diantaranya, Muhamad Fatih telah hafal 30 juz. Muhamad Angola hafal 14 juz. Zakeni hafal 15 juz. Abu Ajim Algifari hafal 9 juz. Andri Hartono hafal 13 juz,” terangnya.

“Sedangkan Dzaki Umarha, hafal 10 juz. Muhamad Fatih Farhad hafal 11 juz. Muhamad Safa Andrio hafal 6 juz. Ahwan Fakar Amsah hafal 5 juz. Najwan Hanif hafal 5 juz. Bahtiar Hamil hafal 1’5 juz,” kata Iswandi, menambahkan.

Selain itu, pria kelahiran Jawa Timur yang akrab di sapa ‘Cak Iswandi’ ini menjelaskan, untuk menghilangkan penat akibat rutinitas belajar pihaknya pun mengajak anak asuh untuk berenang gratis yang merupakan bantuan fasilitas dari salah satu instalasi militer.

Baca juga :  Living World dan TNI AD Rayakan Kemerdekaan dengan Sederet Prestasi lnternasional

“Anak-anak kami ajak berenang gratis di kolam renang Faletehan milik Bataliyon 10 yang merupakan pemberian fasilitas dari Danyon,” ujar pria yang akrab di sapa ‘Cak Iswandi’ ini.

Lebih jauh, prajurit TNI AD berpangkat sersan kepala (serka) ini mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang diadakan pihaknya ini bertujuan untuk mendidik akhlak agar anak asuh YFQ menjadi generasi penerus bangsa yang berkarakter serta santun.

Kendati demikian, Iswandi tidak menampik bahwa kesuksesan YFQ dalam membantu sesama ini tidak lepas dari sumbangsih para donatur dan dukungan para pimpinanya yakni Danrem 052 Wijayakrama, Dandim 0506 Tangerang, Danramil 04 Ciledug serta para rekan sejawatnya.

Ia juga berharap kepada para donatur yang berkenan untuk ikut serta berpartisipasi dalam program YFQ, dapat menyalurkan donasinya secara langsung ke rekening atas nama Yayasan Fajar Qolbi dengan Nomor Rekening 7132716905 Mandiri Syariah.

Di akhir penyampaianya, Iswandi kembali berharap kepada para donatur yang telah menyisihkan rezekinya untuk YFQ, agar dimohon untuk konfirmasi donasi kepada pihaknya. Menurutnya, hal ini untuk memudahkan dalam pencatatan dan pelaporan pembukuan YFQ.

“Donasi anda mengukir senyum di wajah mereka (yatim piatu). Kami (YFQ) belum punya tempat (asrama) yang layak, sampai saat ini menggunakan tempat pribadi untuk seketariat dan kegiatan. Harapan kami kedepan bisa punya tempat yang layak dan YFQ bisa menjadi pondok pesantren yang besar,” tukas Iswandi.

Sekedar informasi, YFQ sampai saat ini telah membiayai pendidikan terhadap puluhan anak-anak yatim piatu dari berbagai tingkatan diantaranya, pendidikan anak usia dini (PAUD), taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Tak sampai disitu, YFQ yang diresmikan pada tahun 2019 kemarin juga banyak membantu puluhan kaum Dhuafa, Fakir miskin maupun janda-janda tua serta 74 (tujuh puluh empat) ibu-ibu majelis ta’lim (Dhuafa-red) di seputaran Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Baca juga :  Kasat Sabhara Polres Indramayu Menjadi Pama Asistensi Pos Terpadu di wilayah Kecamatan Krangkeng

mc/trs

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru