oleh

Kelola Kebun Terong dan Ketimun Membuat Edi Sukses

Pangandaran, Kicaunews.com – Edi salahsatu warga Dusun parakan, Desa, Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, memanfaatkan kebun dan pekarangan rumahnya untuk di jadikan peluang usaha.

Ada banyak cara untuk menciptakan peluang usaha agar kehidupan di masyarakat lebih maju dan mandiri dengan cara memanfaatkan lahan kebun atau pekarangan dengan menanam sayuran.

Awalnya Edi bercocok tanam padi, namun karena menurutnya lahan yang dimiliki kurang baik untuk di tanami padi, akhirnya dia mencoba lahan tersebut untuk di tanam pohon terong, ketimun, kacang panjang dan tanaman sayuran lainnya.

“Alhamdulillah usaha tani yang sekarang saya jalani membuahkan hasil dan di jadikan percontohan oleh warga lain,”ungkap Edi.

Menurut Edi, Dengan memanfaatkan pekarangan dan lahan yang ada sangat membantu para Ibu Rumah Tangga untuk mengurangi beban biaya belanja terlebih lagi bisa dijadikan lahan bisnis.

Edi mengaku pada masa panen bisa meraup hasil Rp 400 ribu hingga Rp 700 perhari.

“Gampang dan cepat masa tumbuhnya, jadi nggak usah belanja ke pasar, tinggal petik-masak, lebih sehat karena nggak pake pestisida kimia, pengeluaran bulanan juga pasti berkurang, asalkan siklus tanamnya disusun, jadi panennya bisa gantian,” pungkas Edi. (Nurzaman)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru