oleh

Ahmad SF Ucapkan Milad HMI Ke-73

JAKARTA, Kicaunews.com – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berdiri pada tanggal 5 Februari 1947 yang di gagas oleh Lafran Pane seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam (STI) yang sekarang (UII). berdirinya HMI merupakan sebuah respon terhadap kondisi kebangsaan dan Keumatan pada saat itu.

hal ini perlu menjadi refleksi bagi kader HMI untuk tetap merawat semangat kebangsaan dan keumatan, dimana setiap kader mengambil peran atas masalah yang berkaitan dengan bangsanya dan kondisi umat.

Dalam kiprahnya sepanjang sejarah HMI sudah banyak melahirkan tokoh besar. Karena, sejak berdirinya HMI telah memfungsikan diri sebagai organisasi kader bukan organisasi Massa, yang kegiatannya bukan hanya sekedar menyalurkan eksistensi diri. Akan tetapi kiprahnya itu dilakukan secara sadar untuk memikul tanggungjawab dan mengisi kemerdekaan dalam upaya mewujudkan cita-cita bangsa.

الحقّ بلا نظام يغلبه الباطل باالنظام

Kebenaran Yang Tidak Terorganisir Dapat Dikalahkan Oleh Kebathilan Yang Terorganisir.

73 Tahun Bukanlah Waktu Yang Sebentar, Tentu Banyak Suka dan Duka Serta Problematika Yang Dihadapi Oleh Pendiri Serta Penerus Sebuah Organisasi.

Ibarat Usia Yang Sudah Begitu Matang Tentu Harus Bisa Mengambil Makna Dari Tiap Perjalanan.

Pernah Satu Ketika Presiden Soekarno Memberikan Sambutannya Di Istana Bogor, Tepatnya Tanggal 18 Desember 1965

Presiden Soekarno mengingatkan dengan menyitir sejarawan Edward Gibbon (1737-1794) dan Arnold Toynbee (1889-1975): a great civilization never, never goes down unless it destroys itself from whitin, “satu peradaban yang besar tidak akan hancur kecuali jika merusak dirinya sendiri, memecah diri sendiri, aku berkata, merobek-robek dadanya dari dalam.”.

Akhirnya Dari Hamba Sendiri, Teringat Sebuah Maqolah:
خذ ما صاف ودع ما كادر

Ambillah Yang Baik Dan Tinggalkanlah Yang Buruk.

Baca juga :  Sikecil Menjadi Perhatian Bagi Negeri Kita

Perayaan perjuangan bukan pesta kemenangan, mari ramaikan kedamaian, sejauh mana tekat perjuanganmu untuk agama dan bangsamu.

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru