oleh

BPD Desa Mekargading-Sliyeg Lambat Bentuk Panitia PAW

Indramayu, Kicaunews.com – Masyarakat desa mekargading kecamatan sliyeg kabupaten Indramayu cenderung terhadap (BPD) mekargading atas fungsi dan tugasnya sebagaimana disebutkan dalam BAB V pasal 31–32 peraturan menteri dalam negeri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD. Pasalnya BPD mekargading hingga kini belum membentuk panitia pemilihan kuwu penggantian antar waktu (PAW) pasca meninggalnya kuwu sumanta pada hari rabu tanggal 1 januari 2020

Disebutkan paragraf 7 Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa dalam pasal 39 Ayat (1) BPD membentuk pantia pemilihan kepala desa serentak dan panitia pemilihan kepala desa antar waktu (permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD) Pasal 40 ayat (1) panitia sebagaimana dimaksud dalam pasal 43 ayat (1) Terdiri dari perangkat desa dan unsur masyarakat.

(2) jumlah anggota panitia disesuaikan dengan beban tugas dan kemampuan pembiayaan. Pasal 41 ayat (1) Panitia sebagaimana dimaksud dalam pasal 39 ayat (1) melakukan penjaringan dan penyaringan bakal calon kepala desa antar waktu. (2) Penyaringan bakal calon kepala desa menjadi calon kepala desa, paling sedikit 2 (dua) orang dan paling banyak 3 (tiga) orang.

Mengingat kepada peraturan menteri dalam negeri republik indonesia nomor 65 tahun 2017 tentang perubahan atas peraturan menteri dalam negeri nomor 112 tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa.Pasal 47 B ayat (1) BPD membentuk panitia pemilihan kepala desa antar waktu. (2) Pembentukan panitia pemilihan kepala desa antar waktu sebagaimana dimaksud

Pada ayat satu (1). (3) Panitia pemilihan kepala desa antar waktu terdiri atas perangkat desa dan unsur masyarakat Pemilihan kepala desa antar waktu dilaksanakan melalui tahapan:Tahapan persiapan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: Pembentukan panitia pemilihan kepala desa antar waktu oleh BPD paling lama dalam jangka waktu 15 (limabelas) hari terhitung sejak kepala desa diberhentikan Pengajuan biaya pemilihan dengan beban anggaran pendapatan dan belanja desa oleh panitia pemilihan kepada penjabat kepala desa paling lama dalam jangka waktu 30 (tigapuluh); hari

Baca juga :  Suparmi Berpotensi Jadi Cawalkot Tangerang, Pengamat: PDIP Harus Maju Dong

Pemberian persetujuan biaya pemilihan oleh penjabat kepala desa paling lamadalam jangka waktu30 (tigapuluh) hari terhitung sejak diajukan oleh panitia pemilihan; Pengumuman dan pendaftaran bakal calon kepala desa oleh panitia pemilihan dalam jangka waktu 15 (limabelas) hari Penelitian kelengkapan persyaratan administrasi bakal calon oleh panitia pemilihan dalam jangka waktu 7. (tujuh) hari; dan angka (6)  Unsur masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat (5) huruf K diwakili paling banyak 5 (lima) orang dari setiap dusun atau sebutan lain.

Serta angka (7) Jumlah peserta musyawarah desa sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (5)  dibahas dan disepakati bersama BPD dan pemerintah desa dengan memperhatikan jumlah penduduk yang mempunyai hak pilih didesa yang ditetapkan dengan keputusan BPD.

Dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku dinegara kesatuan republik indonesia maka masyarakat desa mekargading telah mengirim surat kepada BPD mekargading ,Plt bupati indramayu, menteri desa PDTT, menteri dalam negeri republik indonesia untuk mengedepankan asas demokrasi pancasila yang menjunjung norma kehidupan hak asasi manusia yang mana masyarakat desa mekargading kecamatan sliyeg mengacu pada peraturan pemerintah nomor 45 tahun 2017 tentang partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintah daerah yang dilandasi oleh pasal 5 ayat 2 undang-undang dasar negara republik indonesia tahun 1945 dan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang pemerintah daerah perubahan kedua atas undang undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. ( JL )

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru