oleh

Tokoh Masyarakat Pangandaran Mengatakan, Wartawan Sebagai Pilar Pembangunan Dalam Pemerintahan

 

Pangandaran kicaunews. com-Wartawan adalah profesi yang menuntut keseriusan, kejujuran dan keterusterangan dalam memperoleh informasi dan mempublikasikan sebuah informasi (Berita)”, hal tersebut di ungkapkan salah satu tokoh masyarakat kabupaten Pangandaran, H Ino. Senin (27/01/2020).

H Ino yang merupakan mantan Politikus ini mengatakan hal itu, saat beberapa awak media melakukan acara silaturrahmi di rumahnya.

Menurut Ino, untuk menjadi wartawan dalam arti yang sesungguhnya, adalah seseorang bukan hanya harus mengetahui dan memahami dalam membuat sebuah berita saja, melainkan wartawan itu harus memiliki keberanian dalam hal menulis suatu berita yang akurat tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

“Mengemas tulisan itu hanya prinsip dasar, masih banyak lagi aturan yang harus ditaati, diantaranya kode etik wartawan ”, imbuh Ino sambil bergurau.

“Kode etik wartawan merupakan rambu-rambu yang harus dipatuhi oleh setiap wartawan dalam mengumpulkan, menulis dan mempublikasikan sebuah berita, karena Wartawan hanya menyuguhkan sebagai konsumsi publik.” jelas H. Ino.

Lanjut H. Ino, selain itu seorang jurnalis juga harus mampu menguasai berbagai disiplin ilmu, ini berat. Tetapi itulah tantangan bagi seorang wartawan agar dia dapat menyebarkan informasi yang berkualitas kepada masyarakat, untuk itu, seorang jurnalis dituntut harus banyak membaca, paparnya.

Selain itu dirinya mengecam keras terhadap tindakan represif yang di lakukan kepada wartawan yang tengah menjalankan tugasnya. H Ino berharap apa bila ada oknum melakukan tindakan represif harus di tindak dan di beri sangsi tegas, karena para jurnalis bekerja di lindungi undang – undang, dan jelas payung hukumnya, karena media salasatu pilar pembangunan dan sebagai kontrol dalam roda Pemerintahan. pungkas H Ino.Nurzaman***)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru