oleh

Anggaran Pilkades Mangunjaya Sebesar 493 juta, Diusulkan Perlu Ditambah

Kab. Bekasi, Kicaunews.com – Pesta demokrasi di sejumlah desa di Kabupaten Bekasi bakal digelar 19 April 2020 mendatang. Anggaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di) setiap desa pun berbeda – beda tergantung jumlah pemilihnya.

Salah satu desa diantaranya Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan bakal menggelar Pilkades persiapan panitia Pilkadesnya pun sudah terbentuk dan tengah mempersiapkan berbagai macam administrasinya diantaranya pengajuan dana Pilkades nanti.

Menurut Sekertaris Panitia Pilkades Mangunjaya , Ahmed Effendi ketika dimintai keterangannya, Senin (28/1/2020) mengatakan saat ini panitia belum secara fix mengajukan besaran anggaran yang dibutuhkan.

“Panitia masih melakukan pendataan jumlah pemilih sementara agar nanti kami bisa menentukan besaran anggaran Pilkades yang dibutuhkan melalui RAB yang kita susun,” terang Ahmed Effendi.

Lanjut Ahmed, pihaknya masih banyak hal – hal yang perlu dikoordinasikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kab. Bekasi termasuk diantaranya anggaran Pilkades yang masih perlu dibahas lebih lanjut.

Menurut Effendi informasi sementara anggaran sebesar 493 juta untuk jumlah pemilih berdasarkan jumlah pemilih sebesar 57 ribu berdasarkan data Pemilihan Gubernur (Pilgub) kemarin anggaran sebesar itu masih dirasakan kurang.

“Sekarang ini sedang meminta data-data dari ketua Rt dan Rw untuk DPT, setelah itu kita mutakhirkan data kemudian kita sebar lagi ke Rw dan Rt,” kata dia.

Makanya Ahmed Effendi sedang menyusun dahulu Rencana Anggaran Belanja (RAB) Pilkades berdasarkan jumlah pemilih yang sudah divalidasikan.

“Kalau memang anggaran itu mencukupi, kita lanjut, tapi bila tidak cukup kita akan ajukan usulan, yakni proposal tambahan,” tandasnya, di kantor desa, Senin (27/1/2020).

Effendi menyampaikan, saat rapat dengar pendapat dengan anggota Komisi I DPRD, Rabu (22/1/2020) ideal-nya bahwa satu suara itu nilai-nya Rp 25 ribu. “Kalau kita perkirakan saja ada 58 ribu hak pilih di Desa Mangunja, yach kalau secara kasat mata, kasar-kasaran-nya Rp 1 miliar sekian. Tapi itu pun nggak saya paksakan, tapi yang jelas nantinya di RAB kita jelaskan,” ujarnya.

Baca juga :  Peringatan Hari Pahlawan 2019, Lanud Adi Soemarmo Gelar Upacara Gabungan

“Karena pemilihan-nya jatuh pada 19 April 2020, sehingga yang bulan maret ini genap berusia 17 tahun, ia akan memiliki hak pilih. Juga ada tahapan-tahapan yang menentukan batasan umur di 32 Rw dan 256 Rt serta 3 Dusun di wilayah Desa Mangunjaya ini,” tuturnya.

Effendi berharap, jaga netralitas… karena panitia ini dibentuk kan dari BPD… yang bentuk dan yang dibentuk… sama-sama untuk netral, yaitu tadi… netral itu dalam arti sikap kita, tingkah laku kita dan ucapan kita di masyarakat “Netralitas itu harga mati dalam Pilkades ini,” tegasnya.  (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru