oleh

Ihwan Datu Adam : Pendidikan Harus di Utamakan Sejak Dini

Paser, Kicaunews.com – Masalah pendidikan sangat penting bagi masa depan, karna dengan ada nya pendidikan akan menentukan masa depan satu bangsa, sehingga tercetak orang orang yang memiliki masa depan yang cerah dan penerus suatu kepemimpinan dalam sebuah pembangunan. Senin (30/12/19).

Seorang pemimpin harus mengutamakan pendidikan masyarakat baik yang mampu atau pun yang tidak mampu, mulai dari dini harus terus di kembangkan program program pendidikan harus di perluas bahkan sampe wilayah pelosok sekalipun. Banyak masyarakat di karnakan keterbatasan ekonomi membuat mereka harus putus sekolah.

Hal ini yang harus di jadikan perhatian yang sangat serius baik dari tingkat pusat maupun daerah, menurut Ihwan datu Adam yang pernah menjadi anggota DPR RI 2014 – 2019 permasalahan pendidikan nomor satu dan di jadikan hal yang prioritas, misalnya di tingkat pendidikan anak usia dini. PAUD Perlu di dukung dengan program dan tenaga pendidik yang profesional dan fasilitas pendukung.

Karna dari usia dini anak perlu di ajarkan baik dalam pengenalan huruf, angka dan sebagai nya dan di saat masuk ke usia TK mereka dapat mengenal apa yang ada di sekitar mereka. Di usia SD dari kelas 1 hingga kelas 6 perlu di ajarkan suatu keterampilan baik seni dan budaya hingga kreativitas.

Saat masuk masa sekolah SMP di saat itulah anak anak mulai di ajarkan pengembangan kemampuan serta potensi diri sehingga mereka memiliki perencanaan yang matang saat mereka masuk ke masa masa SMA atau SMK. Sehingga terbentuk siswa siswa yang cerdas dan kreatif. Baik SMA yang akan melanjutkan ke perguruan tinggi atau siswa SMK yang bisa bekerja sesuai dengan jurusan nya.

Baca juga :  KATA KEBANGSAAN, MILIK SIAPA?

Namun semua ini perlu di dukung dengan sarana dan prasarana yang di dorong oleh pemerintah khususnya nya yang ada di daerah, bagi warga miskin perlu di berikan kesempatan yang luas dengan subsidi bantuan pendidikan baik dari dini sampai dengan perguruan tinggi.

Selain itu tenaga pendidik harus di utamakan kesejahteraan nya sehingga pendidikan dapat terlaksana dengan baik, karna dengan kesejahteraan guru akan menjadi motivasi dalam pengembangan pembangunan. Peran aktif orang tua pun sangat di butuhkan dalam pengembangan pendidikan. (Zaky)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru