oleh

Bupati Cilacap Pastikan Menjelang Natal Dan Tahun Baru Harga-Harga Di Pasar Tradisional Cenderung Stabil 

 

CILACAP Kicaunews. com – Menjelang perayaan natal dan tahun baru, sejumlah pasar tradisional di wilayah kota Cilacap dipantau harga dan ketersediaannya. Selain itu juga untuk mengecek ada atau tidaknya bahan dan produk makanan yang dijual mengandung zat kimia berbahaya.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Forkopimda dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dengan menggandeng Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hari Selasa (17/12) mengadakan kunjungan di 3 pasar tradisional wilayah kota Cilacap, yakni pasar Sidodadi, Tanjung dan Pasar Gede.

Menurut Bupati, harga-harga di pasar tradisional cenderung stabil meskipun menjelang perayaan natal dan tahun terjadi kenaikan permintaan. “Ternyata harganya tidak ada kenaikan, stok barang juga mencukupi untuk natal dan tahun baru,” kata Bupati.

Bupati juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak berlebihan dalam berbelanja meskipun stok mencukupi. “Tak perlu belanja berlebihan karena kanaikan harga juga bisa disebabkan permintaan yang tinggi,” lanjut Bupati

Untuk mencegah kenaikan harga Bupati akan bekerjasama dengan daerah lain untuk pasokannya. Jika pasokan mencukupi tentu akan berdampak pada harga yang relatif stabil dan tidak terjadi kenaikan.

“Kerjasama antar daerah perlu dilakukan, dimana kekurangan di wilayah Kabupaten Cilacap bisa dipasok dari daerah lain sehingga kebutuhan terpenuhi dan tidak terjadi kenaikan harga. Tidak semua kebutuhan bisa dicukupi oleh daerah kita sendiri,” jelasnya.

Pada kunjungan tersebut BPOM mengambil sampel bahan dan produk makanan. Hasilnya ditemukan beberapa produk makanan yang masih menggunakan bahan pewarna dan zat kimia berbahaya. Pemerintah akan menindak tegas produsen yang tidak menghiraukan aturan karena  masih menggunakan zat kimia berbahaya.

“Pembeli jangan membeli produk atau bahan makanan yang mengandung formalin, pemerintah akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk menindak produsen bahan dan produk makanan yang membandel karena masih menggunakan zat kimia berbahaya,” tegas Bupati.

Baca juga :  Diklatcab Hipmi 2017, Begini Respon Bupati Tangerang

Lebih lanjut Bupati juga mewanti-wanti peredaran uang palsu. Menjelang perayaan hari-hari besar disinyalir terjadi kenaikan peredaran uang palsu. “Setiap ada momen hari raya ataupun tahun baru peredaran uang palsu selalu ada, masyarakat harus waspada karena sangat merugikan,” kata Bupati,sumber Humas Cilacap. (Abdul Rohman)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru