oleh

PDAM Tirta Bhagasasi Butuh Gelontoran Dana 4,5 T, Wujudkan di 2023 Target 60 persen Masyarakat Terlayani

Kab. Bekasi, Kicaunews.com – Target business plan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi di tahun 2023 membutuhkan 4,5 triliun agar mampu mencapai 60 – 70  persen masyarakat terlayani air bersihnya.

Dalam konferensi pers di acara media gathering 2019, Direktur Utama (Dirut), Usep Rahman Salim mengakui jika target itu bisa tercapai maka bisa setara dengan jumlah pelanggan PAM Jakarta sebanyak 420.000 Sambungan Langganan (SL).

“Untuk mencapai rencana dan target tersebut PDAM Tirta Bhagasasi membutuhkan investasi 4,5 Triliun ,” jelas Usep.

Dana sebanyak 4,5 Triliun itu rencananya akan digunakan untuk pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA)dan jaringan perpipaan dan diharapkan dua Pemerintahan Kota  dan Kabupaten Bekasi memberikan peningkatan penyertaan modal melalui APBD nya.

“Hal itu mengingat penyediaan Sistem Penyelenggaraan Air Minum (SPAM) adalah tugas Pemerintah Pusat dan Daerah dan PDAM hanya lah sebagai operator dan penyelenggaran di lapangan,” bebernya.

Kualitas dan kuantitas pelayanan PDAM ke masyarakat membutuhkan permodalan besar  untuk pembiayaan pencucian pipa, penyambungan pipa baru dan Sumber Daya Manusia (SDM), seperti yang ada di Rawa Lumbu, Wisma Asri, Kota Bekasi perlu pencucian pipa,” ungkap Usep.

Saat ini, jumlah pelanggan PDAM TB sekitar 250.000 SL dengan kapasiyas produksi air bersihnya sekitar 3.000 liter perdetik. Dalam business plan PDAM dari 2018 – 2023 ditargetkan akan ada penambahan pembangunan IPA dan penambahan pelanggan tiap tahunnya.

Dalam rilis Kabag Humas dan Hukum, Yusmet menyebutkan khusus pelayanan di wilayaj Kab Bekasi bagian selatan meliputi Kecamatan Cikarang Selatan, Cikarang Pusat, Serang Baru dan Cibarusah sekitarnya, PDAM TB telah bekerjasama dengan pihak swasta guna menanggulangi kesulitan air bersih terlebih di musim kemarau ini.

Baca juga :  Presiden Tegaskan Pemindahan Ibu Kota Baru Tak Bebankan APBN 

“Begitu juga di wilayah utara Kabupaten Bekasi, PDAM Tirta Bhagasasi sudah bekerjasama dengan usaha swasta.Lantaran keterbatasan anggaran melalui penyertaan modal dari pemerintah,” tutupnya. (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru