oleh

Maju di Pilbup Konsel 2020, Adi Yusuf Tamburaka Dorong Sektor Pendidikan Harus Jadi Prioritas Untuk Membangun SDM

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Majunya suatu Daerah, tidak terlepas dari Sumber Daya Manusianya.

Begitulah kutipan singkat Adi Yusuf Tamburaka, Tokoh Pemuda asal Daerah Konawe Selatan yang saat ini masih mengabdikan dirinya dalam pembenahan para ASN di seluruh Indonesia sebagai penyelidik di Kantor Komisi Aparatur Sipil Negara saat berbincang santai dibilangan Tebet Jakarta pada senin, 9/12/2019.

Adi yusuf yang juga Sekjen Masyarakat Adat Tolaki Sultra berencana maju dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Insyaallah, kalau Allah merestui dan masyarakat pun menginginkan saya akan maju tahun depan di Pilkada Konsel melalui jalur independen atau tanpa partai,” kata Adi Yusuf Tamburaka.

Saat ditanya salah satu faktor yang mendorong untuk maju dalam pilbup Konsel, Adi Mengutarakan ingin membuka wajah baru bagi Kabupaten Konsel. Ia menilai pembangunan SDM di Konsel saat ini belum seperti yang diharapkan. Misalnya dari segi pendidikan, tidak ada satupun perguruan tinggi di Konsel.

“Tidak usah berskala universitas, sekolah tinggi pun tidak ada. Pernah dicanangkan dulu pada zaman Pak Imran untuk membangun universitas di Konsel, sampai hari ini tidak terbangun dan terealisasi,” Bebernya.

Menurutnya, keberadaan kampus akan menciptakan sumber daya manusia (SDM) putra-putri di Konsel yang akan membangun daerah Konsel itu sendiri. “Daerah yang maju pasti didorong dan selaras dengan SDM yang berkualitas,” jelasnya.

Tidak hanya di sektor pendidikan, Dirinya menilai tidak adanya pasar yang representatif untuk mengumpulkan hasil bumi masyarakat. “Padahal masyarakat Konsel banyak bermata pencaharian sebagai petani yang sebagian besar hasil taninya dibawa ke kota,” Imbuhnya.

“Penampungan sumber-sumber hasil pertanian tidak ada, ini yang harus dibuka. Kalau perlu kita buatkan pasar modern yang menampung hasil masyarakat konsel sehingga perekonomian masyarakat juga akan ikut naik,” tegasnya.

Baca juga :  Sambang Kamtibmas Ditengah Warga

Disektor pariwisata, Lanjutnya, pengelolaannya pun belum dikelola secara maksimal, Konsel sendiri memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah indah dengan daerah lain. “Hal-hal inilah yang menjadi lokus untuk saya maju dalam Pilkada Konsel mendatang,” Jelasnya.

Dirinya menambahkan, Saat ini tim pun tengah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk pencalonan nanti.

Sebagai informasi, Kabupaten Konawe Selatan, jumlah DPT sebanyak 202.838 maka calon perseorangan harus mengumpulkan minimal 20.284 dukungan, tersebar di 13 kecamatan dari total 25 kecamatan

Dimana Dalam peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setiap calon perseorangan atau independen harus memiliki jumlah syarat dukungan paling sedikit 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) terakhir.

Tidak hanya itu, Kemudian memiliki dukungan 50 persen lebih dari jumlah total kecamatan di setiap daerah yang menyelenggarakan pilkada.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru