oleh

Kerukunan Adat Masyarakat Tolaki Rumpun Ndonganeno Resmi Dikukuhkan

KONAWE SELATAN, KICAUNEWS.COM — Menjelang Akhir Tahun, Kerukunan Adat Masyarakat Tolaki Rumpun Ndonganeno menguatkan tekadnya untuk bersumbangsih lebih jauh.

Hal itu ditunjukan dengan digelarnya Pengukuhan Pengurus Kerukunan Adat Masyarakat Tolaki Rumpun Ndonganeno yang digelar pada sabtu, 23/11/2019 di tanah Ulayat lokasi makam raja Ndonganeno Desa Ambesea kecamatan Laeya Kabupaten Konawe Selatan Sulawesi Tenggara.

Turut hadir dalam acara Kapolres Konawe Selatan AKBP Dedy Ardianto S.E.MH di dampingi Kasat Intelkam Iptu Sukri Masse SH dan Kabag humas Polres Konsel Iptu Muslimin Ganyu serta anggota serta hadir pula Staf Sekda Drs, H, Sulwan Abunawas yang mewakili Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara.

Dalam sambutannya mewakili Pempriv Sultra, Drs H Sulwan Abunawas terlebih dahulu mengucapkan permohonan maaf atas ketidak hadirannya Gubernur Sultra H. Ali Mazi SH dan Drs H. Lukman Abunawas SH Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara di karenakan ada acara agenda yang tidak bisa di wakili.

“atas nama gubernur Sultra sangat mengapresiasi sekali dengan terselengaranya Pengukuhan komunitas Adat masyarakat Tolaki rumpun Ndonganeno dan Bungandali Tamburaka,” Katanya.

Senada dengan Sulwan, Kapolres Konawe Selatan AKBP Dedy Ardianto SE.MH Dalam sambutannya pun menyampaikan sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara pengukuhan Komunitas Adat masyarakat tolaki.

“karna masyarakat tolaki begitu kuat dalam persatuan adat hingga bisa mempersatukan tali hubungan sirahturahmi satu dan yang lainnya,” ungkap Kapolres Dedy.

Dikatakan Kapolres, Momen ini suatu kesempatan yang begitu baik jika hubungan kekeluargaan di bangun dengan damai, aman dan rukun selalu.

“apalagi jelang Pilkades serentak yang tinggal sebulan lagi, tentunya sangat diharapkan atas kerjasamanya yang baik dalam menjaga keamanan untuk suksesnya pilkades nanti,” AKBP Dedy Ardianto.

Untuk itu, Lanjut Kapolres, Mari kita tetap menjaga kedamaian sehingga di pemilihan kepala desa yang akan datang menjadi pemilihan yang damai, aman dan sejuk.

Lebih jauh dikatakannya, jelang Pilkades pihak polres akan mengadakan Operasi lilin yang dimulai dari 24 Desember sebelumnya terlebih dahulu diadakan Operasi Cipta kondisi, dan Operasi lilin ini merupakan Operasi jelang Natal dan Tahun baru di rangkaian juga dengan pengamanan Pilkades dengan menyiapkan personil 1 peleton di bantu dengan pihak Kapolsek di wilayah kecamatan yang nantinya diperkirakan  jelang Pilkades pihak polres siapkan 2 orang personil jaga di tiap TPS.

“Selain itu kemungkinan ada tambahan bantuan pasukan dari Brimob Polda Sultra, jika dibutuhkan, kami juga akan koordinasi dengan pihak Polda,” ungkap Orang nomor satu di Polres Konawe selatan.

Sementara itu, Noval Tamburaka, S Sos sebagai ketua terpilih yang baru selesai pengukuhan menyampaikan, hari ini kami dari 6 rumpun keluarga turunan dari Ndonganeno telah mengukuhkan pengurus kerukunan keluarga besar Ndonganeno.

“yang terpilih sebagai Ketua umum saya Sendiri Noval Ndonganeno, Bungandali Tamburaka terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris, Kariawan Tamburaka, serta Bendahara Dewi Tamburaka,” Katanya

Lebih lanjut Noval menuturkan, keluarga Ndonganeno dari 6 rumpun keluarga turunan Ndonganeno ada 5 kepala rumpun, Ndonganeno, Lapandita, Wepalangga, Sandai, Samuata, dan Pondo Baki dari 6 rumpun

“keluarga besar ini memiliki turunan dari anak, cucu sampai Cece dan Cici hingga berjumlah 565 orang yang tergabung dalam rumpun keluarga besar Ndonganeno Tamburaka,”Jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Noval, hari ini juga kami mengadakan ritual Mosehe bahasa tolaki dalam arti kata Mosehe atau tula bala, itu membuang hal-hal yang kurang baik dalam rumpun keluarga hingga  mendapat ridoh Allah SWT untuk kesehatan, kekuatan dalam rumpun keluarga besar Ndonganeno tamburaka, sebelum Mosehe terlebih dahulu pembacaan ayat suci Al Quran yang di bawakan oleh Hj Duri, S.Pd.

Selaku sekjen masyarakat adat Tolaki sultra, Adi Yusuf Tamburaka S.Sos. SH.

Selain Noval, Sekjen Masyarakat adat Tolaki Sultra Adi Yusuf Tamburaka Sebagai menambahkan, di komunitas adat Ndonganeno dirinya memangku jabatan sebagai Bidang IPTEK yang akan memperjuangkan kerukunan keluarga adat masyarakat Ndonganeno  hingga diakui sampai di tingkat Nasional.

Selaku sekjen masyarakat adat Tolaki sultra, Adi Yusuf Tamburaka S.Sos. SH. MH menegaskan, bahwa pelaksanaan ini sesuai amanah UU tentang masyarakat adat yang bertujuan melestarikan kembali nilai-nilai budaya Tolaki khusus yang sudah hampir punah seiring dengan zaman modernisasi.

Tidak hanya itu, Kata Adi, yang pasti acara ini untuk mempererat kembali tali persaudaraan serumpun dan ikut serta membantu program pemerintah dalam menuju indonesia yang lebih baik.(Red)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru