oleh

Perda Jepara Tentang Perijinan Diduga Ditabrak PT. Alesta

Jepara, Kicaunews.com – DeskripsiIzin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

Bangunan perumahan yang terletak di desa pancur kabupaten Jepara yang di garap oleh PT. ALesta di duga Bangun Perumahan tanpa ijin, dari temuan tim wartawan media ini di lapangan terlihat tanpa papan nama bangunan. Ada indikasi PT. Ini menghindar dari pajak melalui ijin bangunan (IMB).

Agus saat di konfirmasi mengakui kalau ijin mendirikan bangunan Perumahan ini belum ada ijinnya.

“Tapi kami sudah mengurusnya bahkan melalui orang dalam biayanya Rp 5,5 juta. Tapi kalau ijin RTRH sudah ada” katanya sambil menunjukkan surat berkas ijin RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah), Jumat (15/11/2019)

Agus berdali, kalau perumahan tidak di bangunkan konsumen akan lari, “Konsumen akan lari pak kalau perumahan tidak di bangunkan” ujarnya.

HO dalam istilah izin gangguan? Sebagai informasi HO adalah singkatan dari ‘Hinder Ordonantie.’ Izin ini sendiri adalah izin tempat usaha/kegiatan kepada pribadi atau badan hukum yang menjalankan suatu bidang usaha yang berpotensi menimbulkan bahaya, kerugian dan gangguan masyarakat serta kelestarian lingkungan hidup. ”

Dasar hukum izin ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Selain itu, masih ada Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang mengatur secara rinci tentang Retribusi Izin Gangguan. (Red/Viosari/Tim)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru