banner 728x250

Terungkap Dipersidangan Staf Kelurahan Jakasampurna Ngaku Kelurahannya Tak Miliki Buku Asli Buku C Tanah

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Saat persidangan perkara No. 236/Pdt.G/2019/PN.Bks antara Homsiah,dkk (ahli waris M. Zaelani Hamid) lawan PT Anugerah Duta Sejati sebagai Tergugat I dan Hotmariani Saragih (Ny. Dr. Manumpak Sianturi,SH,MM,MH) sebagai Tergugat II di Pengadilan Negeri Bekasi, Kamis,(14/11/2019) terungkap jika saat ini Kelurahan Jakasampurna Kecamatan Bekasi Barat  Kota Bekasi tidak memiliki Berkas Asli Buku C atau Buku Letter C Kelurahan.

Padahal kata Budiyono selaku kuasa hukum Ahli waris Zaelani Hamid mengatakan buku C atau Buku Letter C adalah buku daftar bidang – bidang tanah milik adat atau tanah girik yang terdapat di satu Desa atau Kelurahan.

banner 336x280

Namun kenyataannya ketiadaan berkas Asli Buku C Keluarahan Jakasampurna ini diungkap oleh Rama Wardhana, Staf Ekonomi & Bangunan (Ekbang) Kelurahan Jakasampurna, yang dihadirkan sebagai Saksi oleh Tergugat I, PT Anugerah Duta Sejati (ADS).

“Kelurahan Jakasampuna hanya mempunyai Berkas Buku C dalam bentuk foto copy dan tidak mempunyai berkas asli,” kata Rama Wardhana dengan tegas dalam persidangan.

Keterangan Rama Wardhana ini bertentangan dengan Salinan Buku C No. 977 Persil 5 D.I, luas 1.080 m2 atas nama Hasjim bin Maisuri, yang diterbitkan oleh Lurah Jakasampurna, Nurdi,Sos pada bulan Maret 2019 lalu serta Surat  Lurah Jakasampurna, Djunaedi,S.Sos tanggal 12 Maret 2004, yang berbunyi “Pihak Kelurahan tidak mempunyai Arsip Girik C. 997 Persil 69 D.26 an. Acam bin Mendung.”

Padahal Surat Keterangan dan Salinan Buku C yang diterbitkan Lurah Jakasampurna tersebut merupakan bukti pamungkas PT Anugerah Duta Sejati dan Hotmariani Saragih  dalam melawan klaim Acam bin Mendung serta ahli waris M. Zaelani Hamid atas tanah objek sengketa seluas 1.600 m2 yang terletak di Jl. Inspeksi Kalimalang, RT 012 RW. 011 Kel. Jakasampurna, Kec. Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Baca juga :  Antisipasi Penyebaran Virus Covid-19 Polsek Tukdana Gencar Giat Ops Yustisi

Pada Salinan buku C yang ditandatangani dan  distempel oleh Lurah Nurdin,S.Sos tersebut tertulis “FOTO COPY INI SESUAI DENGAN DOKUMEN ASLINYA YANG DIPERLIHATKAN KEPADA SAYA, LURAH JAKASAMPURNA”.

Atas keterangan Rama Wardana tersebut, Kuasa Hukum PT ADS, Purwanto Putro,SH,MM,MH serta Kuasa Hukum Hotmariani Saragih, Rinson Manullang,  terlihat kecewa dan jengkel kepada Rama Wardhana.

Sebaliknya Kuasa Hukum Penggugat, BMS Situmorang, Budiyono, dan Yohanis Vianey Poa, justru terlihat senang dan berterima kasih dengan kejujuran Rama Wardhana. (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *