oleh

Soal Perparkiran Yang Ramai di Bekasi, Kapuspen : Itu Urusan Internal Pemda Yang Diatur Oleh Perda

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – adanya persoalan perparkiran di Kota Bekasi yang tengah ramai diperbincangkan belum lama ini langsung direspon Kementerian Dalam Negeri.

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri menyebutkan bahwa soal Perparkiran merupakan urusan internal Pemerintah Daerah yang diatur melalui Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Kepala Daerah masing-masing. 

“Soal Perparkiran adalah masalah internal Pemda setempat, diatur oleh Perda atau Peraturan Kepala Daerah masing-masing,” kata Bahtiar di Jakarta pada, Selasa (05/11/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, Pemda dapat melakukan pengelolaan parkir secara mandiri maupun bekerjasama dengan pihak lain. Dengan catatan dilakukan secara akuntabel dan sesuai hukum yang berlaku.

“Pengelolaan perparkiran bisa saja Pemda langsung dipungut sendiri dan laksanakan sendiri, atau bekerja sama dengan pihak ketiga, baik dengan swasta atau pihak lain. Namun demikian tetap azas hukum dan akuntabilitas pengelolaan perparkiran harus tetap sesuai tatanan hukum yang berlaku,” ujar Bahtiar.

Untuk itu, dalam hal ini, Kata Bahtiar, diperlukan fungsi pengawasan dari DPRD agar pengelolaan parkir tidak membebankan masyarakat serta pengawasan tata kelola perparkiran yang lebih optimal.

“Apalagi terkait pembebanan jumlah retribusi Pemda jangan sampai membebani warga. Maka ada fungsi DPRD untuk melaksanakan pengawasan kinerja dan tata kelola perparkiran di daerah tersebut,” jelasnya.

(Red/Puspen Kemendagri)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru