oleh

Kegembiraan Umat Islam di Rabiul Awal

JAKARTA, Kicaunews.com – Umat Islam di seluruh dunia bergembira dengan datangnya bulan Rabiul Awal. Pasalnya, di bulan ini, sosok panutan dan tauladan umat Islam dilahirkan yaitu Nabi Muhammad SAW. Walaupun ada perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang kelahirannya. Ada yang berkata, ia lahir di bulan Muharram, yang lain berpendapat ia lahir di bulan Safar, sebagian lagi ada yang mengatakan ia lahir di bulan Rajab atau Ramadhan.

Namun, seluruh jumhur ulama sepakat bahwa beliau lahir pada bulan Rabiul Awal (Husein Haikal:1984:55)
Muhammad, Namanya yang agung bukan hanya diabadikan dalam alquran akan tetapi terdapat pula di kitab-kitab terdahulu. Adapun bacaan yang termaktub di dalam kitab Perjanjian Lama, Kitab Ulangan 33 ayat 2:
…… bahwa Tuhan telah datang dari Tursina, dan telah terbit untuk mereka Seir, kelihatannya ia dengan gemerlapan cahanyanya dari gunung Paran.

Pemahaman mereka kala itu sebagai berikut: “Gunung Paran” menurut kitab tersebut, yaitu tempat putra Nabi Ibrahim- yakni Nabi Ismail-bersama ibunya hajar memperoleh air (Zam-zam). Ini berarti tempat tersebut adalah Makkah, dengan demikian yang tercantum dalam kitab Ulangan di atas mengisyaratkan tiga tempat terpancarnya cahaya wahyu ilahi: Thur Sina tempat Musa a.s, Seir tempat Nabi Isa a.s, dan Mekkah tempat Nabi Muhammad Saw.

Sejarah membuktikan bahwa beliau satu-satunya Nabi dari Makkah.(Abbas al-‘Aqqad:1974) Allah mengutus nabi Muhammad membawa rahmah bagi dunia bukan sebagai keburukan bagi semua orang. Sebagaimana Rasulullah bersabda,

“Sesungguhnya aku diutus sebagai rahmah dan bukanlah aku diutus sebagai laknat” (Imam Suyuthi:Jami’ Shagir:2583).

Hadis lain menyebutkan: Sesunggunya saya sebagai rahmat pembawa petunjuk (Hadis yang dikeluarkan oleh Al-Hakim di dalam al-Mustadrak:100).

Baca juga :  Habib Umar bin Hafidz : Ulama Abad Ini Yang Hafal 100.000 Hadist

Dua hadis tersebut mengisyaratkan bahwa Nabi Muhammad, dari lahirnya sampai meninggalnya membawa rahmah.

Sebagaimana hadis Nabi Muhammad: Hidupku lebih baik dari kalian, dan matiku lebih baik dari kalian.

Syekh Yusuf Khatir menyatakan bahwa hadis-hadis yang menunjukkan rahmah nabi Muhammad membuktikan bahwa beliau sebagai nabi pembawa rahmat yang agung. Maka Allah menyuruh kita untuk senang dan gembira dengan kelahirannya yang membawa rahmah (Syekh Yusuf Khatir:1999:135).

Hal tersebut termaktub dalam alquran di surat Yunus ayat 58: “Katakanlah wahai Muhammad: Dengan kurnia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Kurnia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan”.

Tradisi menyambut kelahiran nabi Muhammad Saw disebut juga Maulid Nabi Muhammad. Tradisi tersebut mulai ada pada tahun kedua hijriah. Catatan tersebut merujuk pada Nuruddin Ali dalam kitabnya Wafa’ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa. Dalam catatan tersebut dijelaskan bahwa seorang bernama Khaizuran (170 H/786 M) yang merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad di Masjid Nabawi.

Dari Madinah, Khaizuran juga menyambangi Makkah dan melakukan perintah yang sama kepada penduduk Makkah untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad. Jika di Madinah bertempat di masjid, Khaizuran memerintahkan kepada penduduk Makkah untuk merayakan Maulid di rumah-rumah mereka.(Journal of Islamic Studies:2004:217) Maulid Nabi Muhammad bukanlah satu tradisi yang menyimpang. Karena di dalam acara tersebut dibacakan shalawat dan manakib (biografi) nabi Muhammad.

Sebagaimana shalawat merupakan perintah dari Allah Swt di dalam alquran, “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”(QS:Al-Ahzab:56)

Baca juga :  Villa Lembur Pancawati sangat luas dan Cocok Untuk Segala Kegiatan Serta Acara Keluarga

Bahkan para sahabat Nabi Muhammad mendukung pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad Saw. Sayyidina Abu Bakar Shiddiq RA berkata, Barangsiapa yang menyumbang satu dirham untuk pembacaan kisah Nabi Muhammad SAW maka ia bersama aku di syurga.”

Sayyidina Umar bin Khattab RA berkata, “Barangsiapa yang mengagungkan Maulid Nabi Muhammad maka ia telah menghidupkan agama Islam”. Sayyidina Usman bin Affan RA, “Barangsiapa yang menyumbang satu dirham untuk pembacaan kisah Nabi Muhammad maka sama saja ganjarannya dengan syahid di perang Badar dan Perang Hunain.” Sayyidina Ali bin Abi Thalib berkata, “Barangsiapa yang mengaggungkan maulid Nabi Muhammad dengan sebab membaca kisah hidupnya maka ia tidak meninggal dunia kecuali dengan iman dan ia akan masuk syurga tanpa hisab. (Syihab al-Din Al-Haitami:2007:6) Namun perayaan Maulid nabi bukan hanya di tanggal 12 Rabiul Awal saja akan tetapi sepanjang tahun.

Dr. Abdillah al-A’rfaj berkata bahwa ketika seseorang yang merayakan maulid Nabi Muhammad tidak pada tanggal 12 Rabiul Awal kecuali pada acara tersebut mengenang kisah hidupnya, sama saja dengan ia membicarakan perjalanannya pada Perang badar di bulan Ramadhan, dan mengenang hijrahnya pada tahun pertama hijriah (Dr. Abdillah al-A’rfaj:2009:334).

Hal tersebut menunjukan bahwa perayaan Maulid nabi Muhammad begitu penting untuk mengenang kisah hidupnya. Walaupun perayaan kelahiran tersebut dilaksanakan tidak pada tanggal 12 Rabiul Awal. Karena dengan mengingatnya berarti ada rasa cinta kepada nabinya.

Sebagaimana kerinduan Nabi Muhammad kepada umatnya, secara tegas juga disampaikan oleh Imam al-Qusyairi dalam kitabnya ar-Risalah. Dia mengutip riwayat dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW pernah bersabda.”Kapan aku akan bertemu para kekasihku?” Para sahabat bertanya, ”Bukankah kami adalah para kekasihmu?” Rasulullah menjawab,”Kalian memang sahabatku, para kekasihku adalah mereka yang tidak pernah melihatku, tetapi mereka percaya kepadaku.

Baca juga :  Sambut 17 Agustus, Jokowi Kukuhkan 68 Paskibra di Istana

Oleh : Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru