banner 728x250

Evaluasi Sentra Gakkumdu Tahapan Pileg Dan Pilpres 2019 Bawaslu DKI Jakarta

  • Bagikan
banner 468x60

JAKARTA, Kicaunews.com – Bawaslu Provinsi DKI Jakarta mengadakan kegiatan evaluasi sentra Gakkumdu pada Tahapan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 Provinsi DKI Jakarta” di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara, Kamis (31/10/19)

Acara Kegiatan ini melibatkan unsur dari SENTRA GAKKUMDU yaitu pihak kepolisian, Kejaksaan dan Bawaslu sesuai pasal 486 UU no. 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

banner 336x280

Puadi selaku pimpinan Bawaslu DKI Jakarta, dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa permasalahan dalam penanganan pelanggaran pemilu 2019 yang terjadi di wilayah DKI Jakarta yaitu pelanggaran administrasi, pelanggaran pidana dan pelanggaran kode.

Hasil Penindakan tahapan Pemilu 2019 di DKI telah telah terjadi pelanggaran sebanyak 99 pelanggaran yaitu Laporan Pelanggaran sebanyak 57 dan Temuan Pelanggaran sebanyak 46 dengan wilayah yang tersebar di DKI Jakarta.

Kasus Pidana Pemilu 2019 di DKI sebanyak 12 perkara/kasus pidana Pemilu 2019 dan terdapat 14 putusan pengadilan yang terdiri 8 putusan Pengadilan Negeri dan 6 putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta.

Pelanggaran pidana dalam kategori ini yaitu money politik sebanyak 3 pelanggaran, kampanye di tempat ibadah sebanyak 1 pelanggaran, kampanye di tempat pendidikan sebanyak 1 pelanggaran, bertambah/berkurang suara sebanyak 2 pelanggaran dan gangguan ketertiban saat pemunggutan suara sebanyak 1 pelanggaran.

Dalam hal ini Puadi, juga menyampaikan beberapa putusan hakim di pengadilan sebanyak 17 putusan yaitu 10 putusan bebas dan 7 putusan pengadilan bersalah. Pidana percobaan sebanyak 5 orang dan putusan penjara sebanyak 2 orang.

Puadi selaku kordinator Sentra Penegakan Hukum Terpadu, menjelaskan keberhasilannya dalam menbina supervisi ke Bawaslu kota/kabupaten se-DKI Jakarta dengan menjadi salah satu terbaik di beberapa kategori yaitu Kota Bawaslu Jakarta Utara menjadi Juara I dalam kategori SENTRA GAKKUMDU dan Bawaslu Kota Jakarta Barat menjadi Juara III kategori Penanganan Pelanggaran Pidana dalam Acara Bawaslu Award yang lalu di Ballroom Kota Kasablanka.

Baca juga :  Kapolres Banjar : Selamat HUT Ke 40 Kepada Seluruh Satuan Pengamanan (Satpam) Dalam Peringatan HUT Satpam

Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu. Salam Awas (AW)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *