banner 728x250

Pindah Ibu Kota, ICMI Orwil DKI Jakarta Gelar Seminar dan Kajian Multi Perspektif

  • Bagikan
banner 468x60

JAKARTA, Kicaunews.com – Rencana pemindahan Ibu Kota dari Jakarta ke Panajam, Kalimantan Timur, Presiden Jokowi harus mendapatkan persetujuan dari DPR.

“Sebab akan ada belasan undang-undang yang menyangkut Ibu Kota Negara yang harus dirubah dengan pemindahan ibu kota tersebut,” kata pakar Hukum Tata Negara Prof Dr Jimly Asshiddiqie pada acara simposium nasional yang di adakan oleh ICMI Orwil DKI Jakarta bertema tentang mengenai pemindahan Ibu Kota, Selasa (29/10/2019).

banner 336x280

Acara ini dilaksanakan di Universitas Islam Asyafiiyah ( UIA) kampus 2, dengan menghadirkan pembicara, Din Syamsuddin, Ketua ICMI Orwil DKI Jakarta Dailami Firdaus, pengamat politik Rocky Gerung, politisi PKS Mardani, Budayawan Ridwan Saidi, Rektor UIA Masduki Ahmad.

Menurut Jimly, karena banyak undang-undang yang berkaitan dengan ibu kota yang harus dirubah, sehingga Presiden harus minta persetujuan terlebih dahulu dari DPR dengan Rancangan Undang-Undang (RUU) yang terkait pemindahan ibu kota.

Ia menambahkan sampai kini Presiden Jokowi belum minta persetujuan kepada DPR, dan Jokowi baru sebatas minta izin kepada DPR yang berencana memindahkan ibu kota.

“RUU-nya belum ada, kan baru pidato jadi baru pidato Presiden dengan sopan santun dia minta izin pemindahan ibu kota. Itu jangan minta izin tapi ajukan RUU tentang pemindahan ibu kota,” kata Jimly saat ini menjadi Anggota DPD RI dari Provinsi DKI Jakarta.

Jimly mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang pemindahan ibu kota yang diajukan kepada DPR juga harus mempertimbangkan banyak hal.

“Seperti apakah pemindahan ibu kota hanya sebatas pemerintahan saja, atau termasuk pusat- pusat bisnis yang tentu akan berpengaruh kepada pelaku usaha lainnya,” jelas Jimly yang juga anggota DPD yang berasal dari Jakarta.

Baca juga :  Polres Indramayu Gelar Apel Satuan Fungsi Bagi Seluruh Anggota

Ia mengatakan ketentuan seperti itu harus tegas ditentukan dalam undang-undang pemindahan ibu kota tersebut, sehingga tidak semuanya harus pindah ke ibu kota yang baru. Sebab nanti bukan tidak mungkin semuanya akan ikut-ikutan pindah dengan pertimbangan agar lebih dekat dengan kekuasaan pemerintahan.

Setelah keynote speaker dari Jimly , di lanjutkan dengan Diskusi tentang Pemindahan Ibukota dengan menghadirkan tokoh tokoh di bidang nya yakni Mardani Ali Sera, Deny Indrayana, Ridwan Saidi, Dien Syamsudin, Rocky Gerung.

Peserta simposium pun larut dalam diskusi tersebut, dan yang paling di tunggu narasumber yakni Rocky Gerung, karena dengan pemikiran nya dia menggaungkan diksi akal sehat nya.

Simposium Nasional yang digelar ini adalah rangkaian acara dari silaturahmi ICMI Orwil DKI Jakarta,kata Prof DR H Dailami Firdaus selaku Ketua ICMI Orwil DKI Jakarta.

ICMI Orwil DKI Jakarta Simposium Nasional Membedah pemindahan Ibu Kota Siapkah kita?  Kajian Multi Perspektif

Narsum:

Prof.  Deni Indrayana (Perspektif Hukum)

Prof. Dien Syamsuddin (Perspektif Agama)

Babe Ridwan Saidi (Perspektif Budaya)

Bang Mardani Ali Sera (Perspektif Politik)

Bung Rocky Gerung (Perspektif Akal Sehat)

Dr.  Iskandar (Perspektif Pangan)

(AW)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *