banner 728x250

Gandeng PIN, Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Lamikro Bagi Fasilitator

  • Bagikan
Sekdis Koperasi Tangsel drg. Dahlia, M.Kes (Tengah), Kabid Kewirausahaan Moh. Nurul Rahmah S.T, M.M (Samping Kanan Tengah), dan Ketum Lembaga PIN Eky Marsal Firdaus, S.T., M.M (Kanan Tengah) bersama peserta Pelatihan/Kicaunews/Aput.
banner 468x60

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Kemenkop dan UKM Republik Indonesia menggelar Pelatihan Aplikasi Lamikro bagi Fasilitator dan para wirausaha di Tangerang Selatan.

Pelatihan yang dimulai sejak Rabu 23 hingga 24 Oktober 2019 di Hotel Marlyn, Serpong Utara, Kota Tangsel itu, diikuti sebanyak 35 fasilitator dan UKM yang tergabung dalam Lembaga Pemuda Investasi Nusantara (PIN).

banner 336x280

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Deputi Kewirausahaan pada Deputi Pengawasan Kemenkop UKM RI, Nasrun Siagian itu juga memberikan pelatihan kewirasahaan kepada sebanyak 35 orang Disabiltas.

Ketua Umum PIN, Eky Marsal Firdaus menyambut positif langkah kerja sama dengan Kemenkop dan UKM ini. PIN sebuah lembaga yang fokus pada bidang kewirausahaan.

“PIN melakukan kerja sama dengan Kemenkop dan UKM dalam bidang kewirausahaan. Para Wirausaha yang tergabung dalam Lembaga PIN diharapkan berpartisipasi menuju Indonesia 4.0, yaitu bergerak di bidang ekonomi kreatif, kuliner dan digital,” kata Eky, Rabu (24/10/2019).

Sementara, Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Kemenkop dan UKM Mohamad Nurul Rahman mengatakan, bahwa Aplikasi Lamikro ditunjukan ditujukan bagi pelaku usaha mikro atau wirausaha pemula agar memiliki laporan keuangan secara baik dan tertib administrasi.

Menurutnya, selama ini pelaku usaha mikro belum memiliki tata kelola administrasi maupun laporan keuangan yang baik.

“Para pelaku wirausaha itu kebanyakan tidak bisa mengitung rugi dan labanya, pengeluaran, dan arus kasnya. Dengan aplikasi Lamikro semuanya bisa jelas,” terang pria yang akrab disapa Anang.

Sekedar untuk diketahui, Aplikasi Lamikro dapat diunduh melalui smartphone dengan sistem operasi Android. Penggunaan aplikasi laporan keuangan ini sangat diperlukan bagi UKM agar memiliki laporan keuangan yang akuntabel dan dapat menunjang pengembangan usahanya. Saat ini pengguna aplikasi tersebut telah mencapai 13 ribu orang. (aput)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *