oleh

Kemenkop UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Disabilitas

TANGSEL, KICAUNEWS.COM – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah RI melalui Deputi Bidang Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), menggelar pelatihan kewirausahaan bagi disabilitas, Rabu (23/10/2019).

Berlangsung di Hotel Marlyn, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, pelatihan yang diikuti oleh puluhan penyandang disabilitas itu, berlangsung hingga Kamis (24/10/2019) mendatang.

Asisten Deputi Kewirausahaan pada Deputi Pengawasan Kemenkop UKM, Nasrun Siagian mengatakan, bahwa Kemenkop berkewajiban memberikan fasilitas dan memfasilitasi para penyandang disabilitas yang ingin berwirausaha.

“Artinya, komunikasi seperti ini harus terus kita bangun. Kedepanya kita juga akan memberikan pelatihan-pelatihan, agar produk yang dihasilkan oleh rekan-rekan bisa memiliki kualitas dan berdaya saing” ujar Nasrun.

Nasrun menambahkan, untuk menjadi wirausaha harus fokus, semangat dan tahan terhadap apapun, agar bisa besar, juga sukses.

“Harus tetap fokus dan semangat jika ingin sukses, karena Kemenkop memiliki program yang nantinya para wirausaha diberikan modal,” terangnya.

Dirinya juga meminta kepada peserta yang hadir untuk memanfaatkan pelatihan tersebut, meski waktunya hanya sedikit dan singkat.

“Manfaatkan waktu pelatihan ini dan selamat mengikuti pelatihan ini,” ujarya.

Sementara, Ketua Umum Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Aria Indrawati mengatakan, bahwa pemerintah harus lebih dulu bertanya kepada masyarat jika ingin membuat program, agar kebutuhan di bawah bisa tercukupi.

“Pemerintah seharusnya lebih dulu bertanya kepada kami jika ingin melakukan pelatihan ini. Jujur kami penyandang disambiltas belum siap dengan program saat ini,” ungkap Aria.

Ia juga meminta pemerintah, khususnya Kemenkop UKM, jika menurunkan program jangan hanya penyerapan angarannya saja, akan tetapi bagi mana anggaran tersebut membuat SDM menjadi profesional.

“Jangan cuma anggarannya saja agar bisa terserap, tapi bagai mana anggaran itu membuat kita, khususnya pisabilitas bisa menjadi profesiaonal,” tandasnya. (aput)

Print Friendly, PDF & Email
Bagikan :

Komentar

Berita Terbaru