banner 728x250

Kades Kalijaya Keluhkan Pencapaian Pajak PBB Jadi Syarat Pencairan ADD

  • Bagikan
banner 468x60

Kota Bekasi, Kicaunews.com – Syarat pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) yaitu pencapaian perolehan pajak PBB sebesar 52 persen yang harus dicapai setiap desa dikeluhkan oleh Kepala Desa (Kades) Kalijaya, Cikarang Barat, Kab Bekasi.

Syarat 52 persen perolehan pajak PBB sebuah desa dinilai memberatkan lantaran saat ini tidak mudah dalam kondisi lesunya ekonomi masyarakat seperti sekarang ini, target 52 persen bisa terlaksana.

banner 336x280

Demikian diutarakan Kades Kalijaya, Dede Sulaeman dikantornya , Selasa (22/10/2019). Bagi Dede syarat tersebut menjadi pemicu terhambatnya proses pembiayaan kegiatan dan operasional desa.

“Kami sekarang butuh dana untuk kegiatan desa dan operasionalnya, akibatnya kita jadi cari dana talangan untuk menutupi biaya kegiatan desa, ” beber Dede.

Semestinya di Trisemester 3 ADD sudah diterima oleh seluruh desa yang ada di Kabupaten Bekasi seperti pada tahun – tahun sebelumnya, namun sampai saat ini banyak desa yang belum menerima pencairan dana tersebut.

“Disini baru ada 3 desa yang sudah terima padahal perolehan pajak PBB Desa Kalijaya sudah mencapai 48 persen dari 1, 2 miliar,  jadinya ADD kami belum cair. Ini mah yang ada Pemkab Bekasi ngutang ke Pemdes,” ucapnya bercanda.

Harapannya kebijakan ini bisa dilonggarkan mengingat selama ini sumber keuangan pemerintah desa mayoritas berasal dari ADD.

“Kalau ada Kades yang lain setuju bisa diusulkan bersama ke Bupati,” ungkapnya. (Sofie)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *