oleh

Bahan Baku Pengolahan Air PT. Amartha Sejahtera Diduga Gunakan Limbah Air Rumah Tangga

Cibitung, Kicaunews.com – Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air  milik PT. Amarta Sejahtera, Cibitung dikeluhkan warga lantaran bahan baku pengolahan air warga tersebut diduga menggunakan limbah air rumah tangga warga di Perumahan Metland Cibitung.

Kecurigaan warga sebagai pelanggan mencuat saat beberapa waktu lalu kondisi air yang dihasilkan WTP Amartha Sejahtera keruh. Sehingga masyarakat mencurigai jika air danau yang tepat berada di depan kantor WTP diduga diambil perusahaan untuk bahan baku pengolahan air.

Salah satu warga yang tak mau disebutkan namanya mengaku sudah lama curiga dari mana perusahaan WTP tersebut  memperoleh sumber airnya.Karena warga tak melihat ada penampungan air dilokasi perusahaan WTP tersebut.

“Karena kita lihatnya cuma danau itu dan air danau kan berasal dari pembuangan air rumah tangga, air kencing dan air cucian di Perumahan Metland,” ucapnya curiga.

Sementara saat kicaunews.com mencoba mengkonfirmasi kecurigaan warga kepihak Perusahaan WTP, Humas PT. Amarta Sejahtera, Sapan membantah informasi dari warga yang menyebut bahan baku WTP menggunakan limbah air rumah tangga warga, Rabu (9/10/2019).

Sapan mengaku jika selama ini perusahaannya menggunakan air dari Kalimalang yang dialirkan melalui saluran irigasi yang ada di Tegal Danas, Cikarang, kemudian dialirkan ke perusahaan melalui pipa – pipa yang ada dilokasi perusahaan, sambil menunjukan bukti Berita Acara Pengambilan dan Pemanfaatan Air Permukaan (BAPPA) tertanggal 20 September 2019 dengan Perum Jasa Tirta II.

Sapan pun bwrdalih jika danau tersebut milik Perumahan Metland Cibitung sebagai serapan air dan bukan milik perusahaannya.

“Memang selama ini masyarakat salah persepsi dikira mengambil air dari danau padahal kita beli dari Perum PJ II ada pipanya tersendiri, pipa dari Kalimalang langsung ke WTP. Kalau pipa yang dari Metland sampai pintu danau saja. Kita ruti tiap bulan ada pembayaran dan dari pihak PJT ada pengecekan,” bebernya.

Baca juga :  Tingkatkan Perekonomian Warga, Desa Bangun Karya Bina Home Industri

Ia pun berdalih jika WTP memggunakan bahan baku air danau, kualitas airnya tidak bagus setelah diendapkan beberapa hari airnya berwarna hitam karena banyak mengandung besi. “Beda kalau kita menggunakan air dari Kalimalang bisa layak pakai,” ucap Sapan.

Dalam kesempatan yang sama saat awak media mengkonfirmasi ke pihak pengelola Perumahan Metland Cibitung, Mumung salah satu staf bagian estate saat dimintai keterangannya mengaku memang benar jika danau tersebut merupakan danau milik Metland sebagai penampungan air yang berasal dari air limbah cair rumah tangga warganya.

“Memang punya kita danau itu, fungsinya untuk penyerapan air dan pihak WTP Amarta Sejahtera mengambil air dari kalimalang dan dialirkan ke danau  sebagai penampungannya. Airnya yang tercampur dengan limbah air dari warga. Di danau itu kan ada pipa saluran air dari Kalimalang. Danau itu kalau ga dialiri air dari Kalimalang ya kering, ga bakal cukup persediaannya buat WTP,” ungkapnya. (Sofie)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru