oleh

NPHD, Kemendagri Merinci Pemda Yang Sudah Tandatangani

JAKARTA, KICAUNEWS.COM – Pelaksanaan Pilkada serentak pada Tahun 2020 mendatang akan diikuti oleh 270 daerah.

Untuk mensukseskan Pilkada Tahun 2020, Pemerintah Daerah (Pemda) harus menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan KPU dan Bawaslu.

Dalam hal ini, Kemendagri melalui Kepala Pusat Penerangan yang Juga Plt. Dirjen Polpum Kemendagri menyebutkan Sebanyak 140 Pemerintahan Daerah (Pemda) telah tanda tangan.

Data tersebut berdasarkan perkembangan sementara per tanggal 6 Oktober 2019 pukul 16.38 WIB.

“Hingga saat ini sudah 140 Pemda yang sudah teken NPHD dengan KPU dan Bawaslu,” kata Kapuspen yang juga Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar di Jakarta, Minggu (06/10/2019).

Birokrat Bergelar Doktor itu merinci sebagai berikut:

Pertama, Kata Bahtiar, Pemda yang telah menandatangani NPHD dengan KPU sebanyak 194 Pemda. Dengan demikian masih ada 76 Pemda yang belum menandatangani NPHD.

Kedua, Lanjut Bahtiar, Pemda yang telah menandatangani NPHD dengan Bawaslu sebanyak 150 Pemda. Artinya, masih ada 120 Pemda yang belum meneken NPHD dengan Bawaslu.

Lebih jauh Bahtiar menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih terus menggenjot dan melakukan supervisi agar setiap daerah melakukan penandatanganan NPHD dengan KPU maupun Bawaslu.

“Minggu lalu Kemendagri dipimpin oleh Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo telah memfasilitasi pertemuan dengan KPU RI Bawaslu RI dan DKPP. Kemendagri terus dorong, monitoring maupun fasilitasi agar semua Pemda segera melakukan penandatanganan NPHD,” ujar Bahtiar.

Diketahui, sebanyak 270 Pemerintahan Daerah akan melaksanakan Pilkada tahun 2020 yang terdiri atas 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

(Red/Puspen Kemendagri)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru