oleh

Pertambangan Tanah PT. Surya Adi Prasetya Tetap Peduli Terhadap Lingkungan

Semarang, Kicaunews.com – Pertambangan yang dilakukan selain instansi pemerintah seperti kontraktor atau perorangan harus memiliki izin.

Izin ini diberikan oleh pemerintah salah satunya berupa kuasa pertambangan. Kuasa pertambangan merupakan wewenang yang diberikan kepada badan atau perorangan untuk melaksanakan usaha pertambangan.

Selain wajib memiliki izin usaha dari pemerintah, setiap usaha pertambangan juga harus memperhatikan pelestarian lingkungan dengan melakukan:

1. Environmental Baseline Assesment
(Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) pada awal pelaksanaan usaha;
2. Penerapan prinsip kehati-hatian untuk melindungi sistem ekologi, kelautan dan perikanan serta mencegah sebaik mungkin polusi yang mungkin terjadi di wilayah kerjanya.

Laut atau sungai-sungai atau wilayah lainnya sebagai akibat langsung adanya aktivitas yang dilakukan sebgaimana telah ditentukan dalam rencana kerja Pemindahan semua peralatan dan instalasi operasi dari wilayah kerjanya serta harus melakukan aktivitas restorasi wilayah yang diperlukan setelah kontraknya berakhir atau dihentikan, atau setelah kewajiban pengembalian sebagai dari wilayah kerjanya atau meninggalkan suatu wilayah.

Seperti yang terjadi pada pertambangan di Kampung Banyu Urip, Desa Delik Kecamatan Tuntang, milik PT. Surya Adi Prasetya, sebuah perusahaan yang sudah mengantongi ljin Usaha Produksi dari Dinas terkait.

“Ijin usaha PT Surya Adi Prasetya lengkap pak, kami tidak berani membuka pertambangan tanpa ijin resmi” kata Arif sopan pada wartawan sabtu (5/10/2019)

Selama usaha pertambangan ini berjalan tidak pernah ada korban, juga tidak pernah ada longsor ke kampung Kami selalu bekerja hati hati dan profesional.

Di dalam menjalankan pekerjaan ini lingkungan sekitar lokasi selalu menjadi perhatian perusahaan, masyarakat yang minta bantuan selalu di bantu.

“Kami selalu membantu masyarakat di sekitar lokasi jika masyarakat butuh bantuan, seperti pembangunan jalan, pembangunan musholla, kami selalu mengutamakan,” pungkas. (Viosari)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru