oleh

Wakil Ketua BPK Pimpin Sertijab Kalan dan Peresmian Gedung Perwakilan Tarakan

TARAKAN, KICAUNEWS.COM – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Perwakilan (Kalan) BPK Perwakilan Provinsi Kaltara. Kalan yang sebelumnya dijabat oleh Karyadi diserahkan kepada Agus Priyono.

Prosesi Sertijab berlangsung di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kaltara, Kamis (12/9/2019), dipimpin oleh Wakil Ketua BPK Bahrullah Akbar dan dihelat bersamaan dengan peresmian gedung baru kantor BPK Perwakilan Provinsi Kaltara di Jalan Mulawarman, Tarakan.

Sebelum dilantik sebagai Kalan, Agus Priyono menjabat Kepala Sub Auditorat Maluku Utara pada BPK Perwakilan Provinsi Maluku Utara. Sedangkan, Karyadi akan mengemban jabatan baru sebagai Kalan BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Hadir dalam kesempatan tersebut di antaranya Wakil Gubernur Kaltara, H. Udin Hianggio, B.Sc., Auditor Utama Keuangan Negara VI BPK Dori Santosa, Sekretaris Jenderal BPK Bahtiar Arif, dan para pelaksana di lingkungan BPK Pusat dan BPK Perwakilan. Acara ini dihadiri pula oleh Walikota, Bupati, pimpinan DPRD se-Kaltara, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), diantaranya Wakapolda Kaltara, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) XIII, dan perwakilan instansi vertikal di Kaltara.

Dalam sambutannya, Bahrullah menyatakan Sertijab bertujuan memperkenalkan pejabat baru Kalan BPK Perwakilan Provinsi Kaltara sebagai entitas BPK di daerah tersebut kepada pemerintah daerah dan instansi vertikal di Kaltara.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah strategis BPK, mengingat BPK Perwakilan adalah pelaksana BPK yang menjalankan tugas pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara,” ungkapnya. Khususnya pemeriksaan terhadap APBD dan BUMD.

Sementara, terkait lokasi BPK Perwakilan Kaltara, Bahrullah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tarakan yang telah meminjamkan kantor kepada BPK selama kurang lebih lima tahun.

“Perwakilan Kaltara sebelumnya resmi dibuka pada 25/8/2014 lalu menggunakan gedung eks Dinas Kesehatan Kota dengan cara pinjam pakai dari Pemerintah Kota Tarakan,” jelasnya.

Peresmian gedung kantor BPK Perwakilan Kaltara ini diharapkan mendorong pegawai BPK agar bekerja lebih maksimal dan memberikan yang terbaik bagi BPK dan Pemerintah Provinsi Kaltara. Karena itu, Bahrullah berpesan agar Kalan BPK Perwakilan Kaltara beserta jajaran segera memanfaatkan gedung baru tersebut demi menunjang tugas pokok dan fungsi BPK.

Berdasarkan laporan Kalan BPK, gedung itu dibangun di atas tanah seluas 13.279 m2. Posisinya berada di jalan utama yaitu Jl. Mulawarman Kota Tarakan dan dekat bandar udara. Konstruksi dimulai pada 8 September 2018. Gedung berluas 4.700 m2 tersebut terdiri dari 4 lantai dengan pembagian, 2 lantai untuk kantor dan 2 lantai untuk penunjang (ruang auditorium dan ruang arsip).(Red/Humas BPK)

Facebook Comments
Print Friendly, PDF & Email

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Berita Terbaru