banner 728x250

Upaya Budaya Tertib, Ini Alasan Himbauan Kapolsek Tamsel Beredar di Sekolahan

  • Bagikan
banner 468x60

Tambun Selatan, Kicaunews.com  – Beredarnya surat himbauan Kapolsek Tambun, Danramil 01 Tambun dan Sekolah di media sosial (Medsos) belum lama ini menimbulkan polemik di kalangan insan pers dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kabupaten Bekasi.

Lantaran isi dari himbauan itu menyebutkan agar pers dan LSM  yang datang ke sekolah – sekolah khususnya di wilayah Kecamatan Tambun Selatan harus wajib lapor dan menyerahkan fotocopy tanda pengenal.Namun akhirnya surat himbauan tersebut direvisi tidak hanya pers dan LSM saja tapi berlaku untuk semua tamu yang datang ke sekolah baik SD, SMP, SMA/SMK.

banner 336x280

Disebutkan dalam surat himbauan itu ada 3 tujuan kenapa setiap tamu diwajibkan lapor dan menyerahkan fotocopy tanda pengenalnya yakni menjaga ketertiban pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, menjaga keamanan sekolah dari tindakan kriminal dan menjaga seluruh aset yang ada di sekolah.

Sontak beberapa awak media dan lsm merasa tersinggung dengan beredarnya surat himbauan tersebut. Salah satu wartawan Julham mengaku sebagai awak media merasa tidak nyaman dan merasakan himbauan itu menjadi penghalang dirinya menjalankan profesi jurnalisnya.

Dalam konferensi pers yang digelar di Aula Polsek Tambun, Kapolsek Tambun, Kompol Siswo, Sabtu (14/9/2019) menjelaskan maksud dan tujuan surat himbauan itu. Kompol.Siswo memaparkan pada dasarnya kepolisian, Koramil dan sekolah tidak ada niat menghalangi tugas para awak media dalam menjalankan tugas profesinya.

“Dalam surat himbauan itu tidak ada kata – kata yang mencantumkan kami melarang awak media menjalankan tugasnya. Kami hanya membuat aturan yang tujuannya untuk membudayakan budaya tertib untuk semua pihak,” jelasnya.

Surat himbauan itu kata Kompol Siswo memang sengaja dibuat sebagai bentuk inovasi dari pihaknya sebagai salah satu programnya sebagai Kapolsek Tambun yang baru saja dia emban.

Baca juga :  Menggugat UU Tax Amnesty

“Jadi ini aturan yang diterapkan di setiap sekolah agar tertib dan berlaku untuk semua tamu. Jadi jangan ada yang tersinggung karena ini bagian tugas saya menciptakan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polsek Tambun,” bebernya menjawab pertanyaan dari sejumlah awak media.

Pro dan kontra atas surat himbauan tersebut akhirnya berakhir dengan saling memahami tupoksi masing – masing sesuai koridornya.

“Tugas jurnalis sepanjang itu sesuai UU Pers No. 40 /1999 dan Kode Etik Jurnalistik semua pihak pasti menerima kita. Untuk itu tak perlu khawatir dengan himbauan seperti itu karena etikanya dalam setiap instansi begitu. Kita harus patuh juga,” ungkap Sofi salah satu awak media yang ikut hadir dalam konferensi pers tersebut. (Fie)

Print Friendly, PDF & Email
banner 336x280
Bagikan :
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *